Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Penyebab Septic Tank Bau dan Cara Mengatasinya

/
/
/
26 Views

Apakah toilet Anda tercium bau yang tidak sedap? Kondisi kamar mandi yang bau mungkin bukan satu atau dua kali saja terjadi. Selain menyebabkan ketidak nyamanan, aktivitas MCK seperti mandi, cuci, dan kakus pun jadi terganggu. Jika sudah begitu, tentu Anda tidak bisa diam begitu saja. Bau di kamar mandi harus segara di atasi agar pengguna yang lain bisa merasa nyaman saat masuk dan menggunakan kamar mandi Anda. Lantas, apa penyebab septic tank bau dan bagaimana cara mengatasinya?

Seperti yang kita ketahui, kamar mandi digunakan untuk mempermudah aktivitas MCK (mandi, cuci, dan kakus). Bukan tidak mungkin jika tempat ini menjadi sarang berbagai kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Jika Anda rajin membersihkan kamar mandi dan menaruh penyegar ruangan di dalamnya. Pasti bau akan hilang dengan sendirinya. Namun, bagaimana jika bau berasal dari saluran pembuangan septic tank?

Toilet atau kamar mandi yang bau memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya dari kondisi septic tank yang mulai penuh. Jika septic tank penuh, maka bau akan tercium masuk melalui pipa pembuangan dan meluap di dalam kamar mandi. Selain itu, kondisi septic tank yang buruk juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan bahkan sampai mencemari lingkungan sekitar.

Jika selama ini Anda mencium bau yang tidak sedap saat berada di kamar mandi. Lakukan pengecekan untuk mengetahui dari mana bau itu terasal. Jika memang benar dari septic tank, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab septic tank bau yang menimbulkan pencemaran udara di sekitarnya:

1.    Septic Tank yang Penuh

Kondisi septic tank yang penuh bisa menyebabkan bau tidak sedap di bagian WC atau toilet. Hal ini disebabkan karena penumpukan kotoran atau tinja yang sudah terlalu penuh. Biasanya, septic tank penuh dikarenakan penggunaannya yang sudah terlalu lama dan belum pernah di kuras. Selain menimbulkan bau yang tidak sedap. Septic tank yang penuh juga mempersulit air turun ke bawah karena sudah tidak tersedia ruang untuk menampung kotoran lagi.

2.    Adanya Kebocoran di Pipa Pembuangan

Penyebab septic tank bau berikutnya juga bisa dikarenakan adanya kebocoran di bagian pipa pembuangan. Hal ini yang paling banyak terjadi. Dimana pipa mengalami kebocoran yang membuat sisa-sisa kotoran jadi keluar dan mencemari lingkungan. Di samping itu, kebocoran pipa juga bisa disebabkan karena kualitasnya yang buruk atau bisa juga karena usianya yang sudah tua.

3.    Pipa Pembuangan Gas yang Tidak Berfungsi

Dalam septic tank konvensional ataupun bio, tempat pembuangan gas sangat dibutuhkan. Dimana tempat ini digunakan untuk membuang gas hasil penguraian. Setelah tinja masuk di dalam septic tank, maka tinja akan diurai menjadi bentuk yang lebih kecil. Kotoran yang lembek dan berukuran kecil akan meresap ke dalam tanah. Sedangkan gas akan dibuang melalui pipa pembuangan yang telah disediakan. Jika pipa pembuangan gas tidak berfungsi dengan baik, maka hal ini akan menimbulkan bau tidak sedap di bagian septic tank. Dimana gas akan terjebak di dalam septic tank karena tidak bisa keluar dengan maksimal.

4.    Proses Penguraian Tinja yang Buruk

Di dalam septic tank, tinja atau kotoran akan diurai oleh bakteri yang hidup di dalamnya. Semakin banyak bakteri, maka proses penguraian akan lebih baik. Hal ini bisa memberikan dampak positif kerana tinja yang tidak terus menumpuk di dalam lubang septic tank. Namun, jika proses penguraian tinja tidak berjalan dengan baik akibat beberapa hal. Bisa jadi peluapan tinja di dalam septic tank akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau akan semakin tajam jika proses penguraian tidak berjalan.

5.    Kedalaman Septic Tank yang Rendah

Penyebab septic tank bau busuk atau menyengat bisa juga karena kedalaman septic tank yang terlalu rendah. Biasanya, hal ini dipicu oleh permukaan air tanah yang terlalu rendah. Sehingga proses pembuatan septic tank pun tidak bisa dilakukan lebih dalam karena akan bersentuhan dengan sumber mata air. Bila kondisi septic tank rendah, maka hal ini akan menyebabkan tinja lebih cepat menumpuk. Sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap di area sekitarnya.

Cara Mengatasi Septic Tank yang Bau

Kondisi septic tank yang bau memang sangat mengganggu. Selain dapat mencemari lingkungan sekitar, bau dari septic tank juga bisa masuk dan meluap ke area toilet. Pengguna pun akan merasa risih dan bahkan tidak betah saat berada di dalam toilet. Agar permasalahan bau septic tank segera teratasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut cara mengatasi bau pada septic tank:

·        Lakukan Penyedotan Saat Septic Tank Mulai Penuh

Salah satu yang menyebabkan bau di bagian septic tank adalah saat kondisinya mulai terisi penuh. Agar hal ini tidak terjadi dan mengganggu lingkungan. Maka lakukan penyedotan WC saat septic tank mulai penuh. Biasanya, penyedotan WC dilakukan 3 – 5 tahun sekali atau bahkan lebih. Tergantung kapaistas septic tank yang Anda gunakan.

·        Lakukan Pemeriksaan Rutin di Bagian Septic Tank dan Pipa Pembuangan

Meskipun hanya digunakan sebagai tempat menampung tinja atau kotoran. Namun septic tank juga perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala. Pemeriksaan bisa dilakukan di bagian pipa saluran pembuangan, lubang septic tank, hingga pipa pembuangan gas. Bila salah satu bagian tersebut mengalami kerusakan, maka segera diatasi agar tidak menimbulkan bau yang bisa mencemari lingkungan sekitar.

·        Gunakan Obat Penawar Bau

Pernahkah Anda membayangkan kenapa proses penyedotan tinja tidak menimbulkan bau sama sekali? Hal inilah yang sering menjadi pertanyaan. Dalam proses penyedotan tinja atau kotoran. Pihak atau tukang sedot WC akan menggunakan obat penawar bau yang telah dicampurkan sebelumnya. Saat obat tersebut bekerja, maka septic tank tidak lagi menimbulkan bau dan proses penyedotan pun bisa dilakukan. Hal inilah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi septic tank yang berbau tidak sedap. Dimana Anda bisa menggunakan obat penawar bau agar keberadaan septic tank tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.

·        Gunakan Arang Untuk Mengurangi Bau Septic Tank

Selain dapat menjernihkan air secara alami, arang juga dipercaya mampu mengurangi bau yang tidak sedap. Dimana cara alami ini bisa Anda terapkan untuk mengurangi bau yang timbul dari dalam septic tank. Anda bisa menggunakan arang batok kelapa, serbuk gergaji, atau arang kayu bakar. Setelah itu, tumpuk arang menjadi lebih halus. Kemudian masukan ke dalam septic tank melalui lubang toilet/WC.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab septic tank bau dan cara mengatasinya. Segera lakukan beberapa tindakan untuk mengurangi bau tidak sedap yang berasal dari dalam septic tank Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar