Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Penyebab Air WC Jongkok Susah Turun

/
/
/
41 Views

Penyebab Air WC Jongkok Susah Turun – WC atau kepanjangan dari Water Closet menjadi salah satu perlengkapan rumah yang memiliki fungsi utama sebagai tempat pembuangan kotoran, baik urin maupun fases. Selain digunakan di rumah, WC juga banyak tersedia di tempat-tempat lain seperti sekolahan, kantor, pusat perbelanjaan, masjid, hingga area-area publik lainnya.

Karena memiliki fungsi yang sangat penting. Wajar jika anda bingung tatkala air WC yang anda gunakan tidak bisa masuk ke saluran pembuangan alias susah turun. Hal seperti ini memang bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan saat anda menggunakannya untuk BAB. Selain bingung, tentu anda juga was-was dengan bau fases yang tak kunjung hilang. Bahkan jika tidak segera dibersihkan. Maka bau fases bisa meluap hingga ke ruang lainnya.

Masalah WC memang cukup banyak. Pemicunya pun juga sangat beragam. Jika kondisi WC dalam keadaan yang baik, namun air susah masuk ke saluran pembuangan. Maka hal ini bisa disebabkan adanya penyumbatan di bagian saluran atau pipa pembuangan. Jika tidak segera diambil atau disedot. Kemungkinan akan terjadi penyumpanan yang semakin banyak. Tinja atau fases tidak bisa masuk sehingga WC tidak dapat digunakan seperti sediakala.

Penyebab Air WC Tidak Bisa Masuk Ke Saluran Pembuangan

Pernahkah anda mengalami air WC yang susah turun atau tidak bisa masuk ke saluran pembuangan? Masalah WC memang cukup krusial. Pasalnya, selain digunakan setiap hari sebagai tempat pembuangan kotoran. WC juga sangat penting bagi kehidupan manusia. Bayangkan jika WC di tempat anda tidak bisa digunakan. Tentu anda akan merasa kerepotan saat ingin BAB atau BAK.

Masalah seperti air WC yang sulit turun memang kerap terjadi. Penyebab utamanya mungkin berasal dari sumbatan yang ada di pipa pembuangan menuju septic tank. Sumbatan inilah yang akan menghambat jalannya air masuk ke saluran pembuangan. Jika sudah seperti ini, maka saat digunakan untuk BAB atau BAK pun air jadi tidak bisa langsung masuk ke dalam. Air akan terus menumpuk di bagian bak WC dan meluap ke lantai.

Air yang tidak bisa masuk ke saluran pembuangan atau septic tank bisa disebabkan oleh bebarapa hak. Agar lebih jelas, berikut penyebab air WC jongkok susah turun ke bawah :

1.     Membuang Sampah ke WC

Penyebab utama air WC sulit turun atau masuk ke saluran pembuangan adalah kebiasaan anda membuang sampah ke WC. Sampah yang dimaksud bisa berupa benda kecil, seperti tisu bekas pakai, pembalut wanita, bungkus shampoo, sabun, cotton bud, popok bayi, dan lainnya. Benda-benda inilah yang dapat menghambat jalannya air masuk ke saluran pembuangan atau septic tank.

Biasanya, saat benda tersebut tersangkut atau memuai menjadi bentuk yang lebih besar karena terkena air. Maka akan menyumbat pipa sehingga air sulit turun dan masuk ke saluran pembuangan. Jika penumpukan sampah terjadi terus menerus. Maka akan menyebabkan WC mampet dan tidak bisa digunakan sebagaimana fungsinya.

2.     Terjadi Penyumbatan

Penyumbatan menjadi hal yang umum penyebab WC mampet dan membuat air susah turun ke bawah. Penyumbaran disini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti benda atau hewan yang masuk ke saluran pembuangan, penumpukan kotoran di pipa pembuangan, adanya benda yang tersangkut sehingga menyebabkan air sulit turun ke bawah, dan lain sebagainya. Jika sudah terjadi penyumbatan seperti ini. Maka langkah yang bisa anda ambil adalah membuang atau menyedot benda penyumbat agar air dan kotoran bisa masuk ke dalam septic tank.

3.     Posisi Pipa Terlalu Mendatar

Saat membuat WC, baik itu WC jongkok atau dudukan. Sangat penting bagi anda untuk mengatur posisi pipa pembuangan. Jika posisi pipa terlalu mendatar. Hal ini bisa menyebabkan air atau kotoran sulit masuk ke saluran pembuangan atau septic tank. Biasanya, posisi pipa akan dibuat semakin turun agar air dan kotoran bisa masuk dengan lancar.

4.     Tidak Ada Ventilasi

Penyebab air WC yang tidak dapat turun ke bawah juga dapat disebabkan karena tidak adanya ventilasi di bagian septic tank. Jika anda pernah mengamati, mengapa bagian septic tank dilengkapi dengan pipa kecil yang diletakan di bagian luar. Pipa inilah yang digunakan agar septic tank mendapatkan ventilasi atau udara dari luar. Jika pipa tersebut tersumbat. Maka bisa jadi septic tank tidak mendapatkan cukup ventilasi yang menyebabkan air susah turun.

Ventilasi di bagian saluran pembuangan atau septic tank memang penting dibuat. Tujuannya, saat air masuk ke dalam pipa. Maka air bisa langsung menuju bagian pembuangan tanpa terhambat. Namun biasanya, penghambat air masuk ke saluran pembuangan bisa berasal dari tidak adanya ventilasi di bagian septic tank atau bisa juga karena benda atau kotoran penyumbat lainnya.

5.     Ada Benda yang Masuk

Penyebab WC tersumbat yang mengakibatkan air sulit turun ke bawah adalah adanya benda yang masuk. Jika anda memiliki anak kecil atau balita. Biasanya mereka sering bermain di kamar mandi sambil membawa mainannya. Tanpa disadari mereka memasukan mainannya ke lubang WC dan menyebabkan penyumbatan di bagian pipa pembuangan. Jika mainan atau benda tersebut masih berada di lubang WC dan terlihat mata, mungkin anda bisa langsung mengambilnya. Namun biasanya benda akan masuk ke dalam setelah anda menyiramkan banyak air setelah BAB atau BAK.

6.     WC yang Terlalu Penuh

Penyebab lain kenapa air atau fases sulit turun ke bawah adalah kondisi WC yang terlalu penuh. Jika kondisi WC anda terlalu penuh. Hal ini bisa menyebabkan air jadi sulit turun ke bawah dan masuk ke saluran pembuangan. Kondisi WC yang penuh biasanya terjadi karena usianya yang sudah terlalu lama dan sering digunakan. Namun, anda tidak perlu membuat WC baru dengan biaya yang lebih mahal. Solusi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menyedot tinja agar bagian septic tank terkuras dan kosong kembali. Dengan begitu, WC bisa digunakan kembali.

Penyebab air WC yang susah turun memang sangat beragam. Namun kebiasaan anda yang suka membuat sampah atau benda kecil lainnya menjadi penyebab utama WC mampet sehingga air dan kotoran fases sulit masuk ke dalam. Tidak jarang banyak himbauan yang melarang orang-orang membuat sampah di bagian WC atau kloset. Tujuannya agar benda tidak masuk dan menyumbat pipa pembuangan.

Untuk anda yang saat ini menggunakan WC jongkok. Maka usahakan tidak membuang apapun di lubang atau saluran WC. Karena jika benda tersebut tersangkut di pipa atau tidak bisa langsung masuk ke saluran pembuangan atau septic tank. Maka akan menyebabkan WC mampet atau tersumbat. Itulah beberapa penyebab air WC jongkok susah turun yang bisa menyebabkan WC mampet dan tidak bisa digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar