Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Cara Mengatasi WC Tersumbat Tanpa Dibongkar

/
/
/
45 Views

Masalah WC tersumbat menjadi persoalan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi WC yang terus digunakan, membuat WC sering mengalami beberapa masalah. Salah satunya adalah saluran pembuangan WC yang tersumbat dan membuat air jadi sulit turun. Jika hal ini terjadi, tentu WC tidak lagi dapat digunakan untuk BAB atau hanya sekedar BAK. Lalu, bagaimana cara mengatasi WC tersumbat tanpa dibongkar yang bisa dilakukan?

Masalah seperti WC tersumbat memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain fungsinya yang terus digunakan, keberadaan WC juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat WC mengalami sumbatan maka Anda tidak bisa menggunakannya untuk BAB. Aktivitas BAB atau buang air besar jadi terganggu akibat saluran pembuangan yang tersumbat.

Solusinya, Anda harus memanggil tukang ahli sedot WC atau membongkar bagian pipa pembuangan untuk mengambil benda atau kotoran yang tersangkut di dalamnya. Meskipun cara ini tergolong efektif, namun menggunakan jasa sedot WC tentu akan memakan biaya yang sangat besar. Belum lagi jika WC harus dibongkar. Tentu biayanya akan semakin mahal lagi.

Mengatasi WC tersumbat sebenarnya tidak harus memanggil jasa sedot WC atau sampai dibongkar. Ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan sendiri dengan biaya yang lebih terjangkau. Cara ini tergolong mudah dan aman dilakukan karena tidak perlu sampai membongkar WC dan saluran pembuangannya. Jika Anda ingin melakukannya, berikut cara mengatasi WC tersumbat yang cepat dan aman tanpa perlu dibongkar:

1.    Menggunakan Plunger atau Alat Penyedot WC

Jika selama ini kebanyakan orang menggunakan jasa sedot WC untuk mengatasi saluran WC yang tersumbat. Maka sebenarnya Anda tidak perlu melakukannya. Selain biayanya yang lebih mahal, menggunakan jasa sedot terkadang tidak langsung ditangani. Adakalanya Anda harus menunggu beberapa hari untuk proses penyedotan.

Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan Plunger atau alat penyedot WC portable. Alat ini sudah banyak tersedia di toko-toko terdekat. Fungsinya pun bisa digunakan lebih dari satu kali. Jadi, saat WC mengalami sumbatan kembali. Maka Anda bisa langsung menggunakan tanpa harus membelinya lagi.

Cara kerja dari alat Plunger pun juga sangat praktis dan mudah dilakukan. Anda bisa melakukan penanganan langsung saat WC tiba-tiba macet dan air tidak bisa turun ke bawah. Alat Plunger ini bisa digunakan untuk menarik atau memflush benda yang menutup saluran pembuangan. Caranya, cukup masukkan ujung Plunger di lubang toilet atau kloset. Setelah itu, dorong sekuat tenaga agar benda penyumbat bisa masuk ke saluran pembuangan. Ulangi beberapa kali hingga saluran terbuka dan air dapat masuk dengan lancar.

2.    Menggunakan Hanger atau Kawat Besi

Cara mengatasi WC tersumbat ternyata juga bisa Anda lakukan dengan hanger atau gantungan baju. Anda bisa menggunakan hanger untuk menarik benda yang menyumbat saluran pembuangan. Benda penyumbat bisa berasal dari apa saja, seperti bekas pembalut, tisu, bungkus shampoo, rambut rontok, mainan anak-anak, atau sampah lainnya yang biasa Anda buang ke WC.

Agar hanger dapat masuk ke lubang WC hingga bagian yang lebih dalam. Maka Anda perlu merobak bentuk hanger menjadi lurus dengan lengkung di bagian bawah terlebih dahulu. Lengkungan hanger akan memudahkan penarikan benda yang tersumbat di bawah permukaan WC. Tarik secara pelan-pelan agar benda tidak masuk ke bagian yang lebih dalam. Yang perlu diingat, hanger hanya bisa digunakan untuk menarik benda jika posisinya belum jauh dari lubang WC.

Selain hanger atau gantungan baju, Anda juga bisa menggunakan kawar besi. Cari kawat dengan ukuran sedang yang bisa menarik benda dengan kuat. Kawat bisa Anda masukkan untuk menarik benda atau sampah penyumbat di bagian saluran pembuangan. Jika benda sulit ditarik keluar, Anda bisa memasukkan secara perlahan ke septic tank dengan bantuan air yang terus disiram secara perlahan. Pastikan jika benda tidak tersangkut lagi agar tidak menghalangi masuknya air ke dalam septic tank.

3.    Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Jika biasanya baking soda digunakan sebagai bahan pembuat kue dan cuka sebagai perasa tambahan. Maka kali ini dua bahan ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi WC mampet. Sudah banyak yang membuktikan jika baking soda dan cuka mampu memecah kotoran atau sampah yang bersifat organik.

Jika sumbatan berasal dari sisa kotoran atau sampah organik yang terus menumpuk di bagian pipa pembuangan. Maka baking soda dan cuka bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah WC yang tersumbat. Namun jika sumbatan berasal dari benda plastik yang berukuran besar seperti mainan anak-anak yang tidak sengaja dimasukan ke lubang WC. Baking soda dan cuka mungkin kurang efektif untuk memecah benda tersebut. Namun Anda tetap bisa mencobanya.

Caranya sangatlah mudah. Jika air masih memenuhi permukaan WC karena tidak bisa turun ke bawah, maka tunggu hingga air dalam posisi normal. Kondisi air yang sedikit akan lebih mudah melarutkan baking soda dan cuka. Setelah itu, tabur 1 cangkir baking soda ke dalam lubang WC. Tunggu kembali sekitar 20 -30 menit hingga baking soda mengendap. Jika sudah, lalu tuangkan 2 cangkir cuka secara metara. Kedua bahan ini akan menghasilkan reaksi apabila tercampur bersama air. Pastikan jika air dalam kondisi sedikit agar tidak meluap keluar.

4.    Menggunakan Sabun Pencuci Piring dan Air Panas

Cara mengatasi WC tersumbat dengan sabun pencuci piring dan air panas juga terbukti ampuh untuk masalah WC Anda. Dimana keduanya bisa membuka saluran pembuangan yang tersumbat oleh benda atau kotoran. Bukan hanya sabun pencuci piring, Anda juga bisa menggunakan sabun cair atau shampoo. Dimana barang-barang ini bisa membantu melicinkan bagian pipa yang tersumbat.

Caranya sangat mudah dilakukan, Anda tinggal menyiapkan rebusan air panas sebanyak mungkin. Setelah itu tuangkan sabun pencuci piring ke dalam kloset atau WC. Siram air panas sedikit demi sedikit agar benda penyumbat dapat masuk ke bagian septic tank. Diamkan selama beberapa menit, kemudian cek apakah air WC sudah bisa turun atau belum.

5.    Menggunakan Soda Api

Soda api atau dengan nama Natrium Hiroksida (NaOH) merupakan zat kimia yang bersifat korosif (menghancurkan benda). Biasanya, soda api menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami masalah WC mampet namun tak kunjung teratasi. Soda api bisa Anda beli di toko-toko terdekat yang menyediakannya.

Karena soda api bersifat korosif yang sangat keras. Maka dalam penggunaannya, Anda harus tetap berhati-hati. Dimana bahan kimia ini bisa menimbulkan efek terbakar jika terkena kulit. Anda harus menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan karet, pelindung mata atau wajah, masker hidup, dan lain-lain.

Cara mengatasi WC tersumbat tanpa dibongkar di atas, bisa menjadi solusi tepat untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya mahal untuk mengatasi WC mampet atau macet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar