Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Cara Mengatasi WC Penuh Tanpa Sedot WC

/
/
/
47 Views

Cara Mengatasi WC Penuh Tanpa Sedot WC – WC atau Water Closet menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan. Meskipun hanya digunakan sebagai tempat BAB atau BAK, namun fungsi WC begitu besar bagi kehidupan Anda sehari-hari. Mengingat WC yang terus digunakan untuk membuang kotoran, bukan tidak mungkin jika septic tank akan penuh dalam beberapa tahun. Hal ini sangat wajar terjadi, dimana penumpukan kotoran yang terus menerus akan membuat septic tank penuh hingga tidak mampu lagi menampung kotoran.

Jika bagian septic tank penuh, tentu akan menimbulkan masalah baru. Selain bau yang meluap dan beraroma tidak sedap. WC pun jadi tidak bisa digunakan untuk BAB lagi. Solusinya, Anda harus memanggil jasa sedot WC untuk menguras semua kotoran yang ada di dalam septic tank. Namun, mengingat biaya sedot WC yang mahal membuat banyak orang jadi berfikir dua kali untuk mengatasi masalah ini.

Bila sebelumnya Anda pernah browsing di internet. Cara mengatasi WC penuh memang tidak harus dilakukan dengan sedot WC. Ada alternatif lain yang bisa dipilih untuk menangani masalah WC penuh dengan biaya yang lebih terjangkau. Namun sebelum membahas cara apa yang bisa dilakukan. Anda bisa terlebih dahulu mengetahui penyebab WC cepat penuh padahal baru digunakan.

Penyebab WC Cepat Penuh Padahal Baru Digunakan

Jika selama ini banyak orang mengira WC penuh disebabkan oleh penumpukan kotoran yang terus menerus. Sebenarnya, ada beberapa penyebab lain yang membuat WC jadi cepat penuh padahal baru digunakan. Berikut penyebab WC penuh sehingga tidak bisa digunakan:

1.     Penumpukan Kotoran

Salah satu penyebab utama WC cepat penuh adalah penumpukan kotoran yang terus menerus. WC yang terus digunakan setiap hari, membuat lubang septic tank terus terisi. Apalagi jika WC digunakan untuk anggota keluarga dengan jumlah yang banyak. Jelas hal tersebut akan membuat tampungan semakin banyak dan septic tank akan cepat penuh.

2.     Struktur Tanah yang Padat

Daya resap tinja yang rendah juga menjadi penyebab WC cepat penuh. Dimana hal tersebut disebabkan oleh struktur tanah yang terlalu padat. Sehingga tinja dan air jadi sulit meresap ke tanah akibat pori-pori yang terlalu kecil. Biasanya, untuk jenis tanah dengan struktur yang terlalu padat. Lubang septic tank akan dibuat lebih besar agar daya tampungnya semakin banyak.

3.     Naiknya Permukaan Air Tanah Saat Musim Hujan

Saat musim hujan tiba permukaan air tanah jadi naik dan menyebabkan daya resap air ke tanah jadi lebih rendah. Hal ini juga bisa menyebabkan septic tank lebih cepat penuh akibat penumpukan tinja dan air yang tidak bisa meresep ke dalam tanah.

4.     Jumlah Bakteri Pengurai yang Sedikit

Jumlah bakteri pengurai yang sedikit dibanding kecepatan penumpukan membuat septic tank jadi lebih cepat penuh. Dimana tinja tidak dapat terurai dalam waktu yang cepat padahal WC terus digunakan untuk membuat kotoran manusia setiap hari. Jika kotoran terus menumpuk tanpa adanya penguraian yang cepat. Maka septic tank lebih cepat penuh dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

5.     Septic Tank Dipenuhi Lysol/Karbol yang Dapat Membunuh Bakteri Pengurai

Septic tank yang dipenuhi Lysol atau Karbol akan membunuh bakteri pengurai lebih cepat. Lysol atau karbol adalah sejenis zat kimia yang biasanya terkandung dalam sabun deterjen. Jika kandungan Lysol terlalu banyak di dalam septic tank. Maka hal tersebut akan mengakibatkan jumlah bakteri pengurai berkurang karena mati. Biasanya, septic tank yang terpenuhi Lysol disebabkan saluran pembuangan yang dijadikan satu. Jadi, selain digunakan untuk menampung kotoran. Septic tank juga digunakan sebagai tempat membuang bekas cucian, bekas air mandi, atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Septic Tank Penuh Tanpa Sedot WC

Kondisi septic tank yang penuh akan memicu banyak masalah di dalamnya, mulai dari air yang susah turun ke bawah, timbulnya bau yang tidak sedap, hingga WC yang tidak bisa digunakan lagi. Jika sudah begitu, maka septic tank harus segera dikuras agar kembali kosong dan dapat menampung kotoran pembuangan.

Untuk mengkosongkan septic tank, kini bisa dilakukan dengan beberapa alternatif lain tanpa menggunakan jasa sedot WC. Berikut cara mengkosongkan septic tank yang penuh tanpa sedot WC:

·        Menggunakan Obat Penumbuh Bakteri

Untuk Anda yang bingung dengan kondisi WC yang mulai penuh dan enggan menggunakan jasa sedot WC karena biayanya yang mahal. Maka cara mengatasi WC penuh dengan obat penumbuh bakteri bisa jadi solusinya. Dimana obat penumpuh bakteri merupakan bentuk bio-prosesor yang akan berperan dalam proses penguraian kotoran manusia yang bersifat organik.

Obat penumbuh bakteri biasanya dilengkapi dengan kandungan mikroba probiotik aktif yang aman bagi lingkungan. Bakteri pengurai seperti Lactobacillus, Bacilus, Acetobacter, dan juga Secharomyces akan membantu mengurangi tumpukan kotoran atau tinja yang ada di dalam septic tank. Selain itu, obat penumbuh bakteri seperti ini biasanya juga digunakan untuk mengatasi WC mampet, menghilangkan bau tidak sedap yang timbul dari pipa pembuangan, membunuh bakteri, dan lain-lain.

Cara penggunaan obat penumbuh bakteri pun juga sangat mudah. Dimana Anda bisa membeli obat ini di beberapa toko yang menyediakannya. Setelah itu, masukan cairan obat ke dalam septic tank melalui lubang WC atau kloset. Siram dengan sedikit air agar cairan obat bisa masuk ke dalam septic tank. Bakteri akan hidup di dalam septic tank dan mempercepat proses penguraian.

·        Menggunakan Cairan Pembersih Saluran WC Tersumbat

Selain dengan obat penumbuh bakteri, Anda juga bisa mengatasi WC penuh dengan menggunakan cairan pembersih saluran WC yang tersumbat. Biasanya, cairan pembersih ini digunakan untuk mengatasi masalah WC tersumbat atau mampet. Namun fungsi lainnya juga bisa digunakan untuk mengatasi septic tank yang mulai penuh.

Cara kerja dari cairan pembersih saluran WC ini hampir mirip dengan obat penumbuh bakteri. Dimana cairan memiliki kemampuan untuk mengurai kotoran padat yang menumpuk di dalam septic tank. Kotoran akan diurai dengan cepat sehingga lubang septic tank dapat menampung tinja manusia kembali.

Cara menggunakannya pun juga sama dengan obat penumbuh bakteri. Dimana cairan ini bisa Anda masukkan ke dalam septic tank melalui lubang kloset atau WC. Setelah itu, siram dengan sedikit air agar cairan pembersih dapat masuk melalui pipa pembuangan menuju septic tank. Meskipun dari hasil kurang optimal karena septic tank tidak terkuras secara menyeluruh. Namun cairan pembersih saluran WC ini bisa menjadi alternatif lain untuk Anda yang ingin menguras septic tank tanpa menggunakan jasa sedot WC.

Septic tank yang sudah penuh tentu harus segara dikuras agar tidak menimbulkan masalah baru. Dimana cara mengatasi WC penuh tanpa sedot WC di atas bisa menjadi solusi tepat untuk Anda yang ingin menguras septic tank tanpa menggunakan jasa sedot WC.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar