Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah dan Cepat

/
/
/
33 Views

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah dan Cepat – Buang air besar atau buang air kecil menjadi rutinitas yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam sebuah rumah pasti memiliki WC sebagai tempat untuk BAB atau BAK. Namun, bagaimana jika WC yang ada di rumah Anda mampet dan tidak bisa digunakan? WC mampet menjadi persoalan yang serius. Pasalnya, kondisi WC yang mampet membuat air jadi susah turun ke bawah.

Kondisi WC mampet seperti ini memang sering terjadi. Penyebabnya pun bisa sangat beragam, mulai dari pipa pembuangan yang tersumbat benda atau kotoran, adanya hewan liar yang masuk ke saluran pembuangan, hingga septic tank yang penuh. Jika tidak segera di atasi, maka WC jadi tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Mengatasi WC mampet tidak harus memanggil jasa ledeng atau sedot WC. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi WC mampet di rumah Anda. Berikut cara mengatasi WC mampet dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan jasa sedot WC:

1.    Hindari Menyiram Banyak Air Jika WC Dalam Keadaan Mampet

Saat Anda menemukan tanda-tanda adanya kemampetan di saluran pembuangan WC yang membuat air jadi sulit turun ke bawah. Maka hindari menyiram banyak air terutama setelah Anda menggunakannya untuk BAB atau BAK. Meskipun terdengar jorok, namun cara ini lebih efektif untuk menghindari luapan air yang terlalu banyak. Pasalnya, WC tersumbat akan lebih sulit menyerap air sehingga saat digunakan pun air akan berada di atas dan memenuhi permukaan WC. Jika ingin menghilangkan sisa fases atau tinja, Anda bisa menyiramnya sedikit demi sedikit. Hindari agar air tidak meluap keluar.

2.    Tunggu Hingga Air di Permukaan WC Turun Ke bawah

WC mampet ditandai dengan air yang sulit turun ke bawah. Dimana air akan berada di atas permukaan dan memenuhi bagian bak WC. Jika hal ini terjadi pada WC di rumah Anda, maka tunggu sebentar hingga air yang berada di permukaan turun ke bawah secara perlahan. Dengan begitu, air tidak akan keluar dan mengotori lantai kamar mandi yang menimbulkan bau tidak sedap.

3.    Ambil Benda Penyumbat Jika Posisinya Masih Dibawah Permukaan WC

WC mampet dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari benda yang tersangkut dan menyumbat saluran pembuangan, kebiasaan membuang pembalut, bungkus shampoo atau sabun ke lubang WC, adanya hewan yang masuk ke pipa pembuangan, mainan anak-anak yang sengaja di masukkan, dan lain-lain. Jika posisi benda masih berada tidak jauh dari permukaan WC. Anda bisa langsung mengambilnya dengan tangan sebelum benda tersebut masuk lebih dalam.

Jika posisi benda sudah masuk ke dalam pipa pembuangan dan tidak memungkinkan untuk diambil menggunakan tangan. Maka Anda bisa menggunakan benda lain untuk menarik benda dan kotoran yang menyumbat saluran pembuangan. Tarik secara perlahan agar benda dapat terangkat keluar.

4.    Gunakan Hanger atau Gantungan Baju Berbahan Kawat

Jika tangan tidak memungkinkan untuk menarik benda keluar, Anda bisa menggunakan hanger atau gantungan baju berbahan kawat. Mengapa harus menggunakan hanget kawat? Karena hanger ini lebih kuat sehingga mampu digunakan untuk menarik benda atau kotoran yang masuk ke dalam pipa pembuangan.

Agar posisi hanger dapat masuk dengan sempurna. Anda bisa mematahkan ujung hanger sehingga posisinya lebih lurus. Jangan lupa, bentuk ujung hanger secara melengkung untuk menarik benda dan kotoran keluar dengan mudah. Jika sudah, masukkan ujung hanger secara perlahan agar benda atau kotoran yang tersumbat di bagian pipa pembuangan dapat ditarik keluar.

5.    Gunakan Sabun Pencuci Piring dan Air Panas

Saat WC di rumah Anda mampet, maka jangan langsung panik. Beberapa tindakan bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi WC mampet dengan mudah, cepat, dan murah. Jika beberapa cara di atas masih belum berhasil Anda lakukan karena posisi sumbatan berada lebih dalam. Maka Anda bisa melakukan cara yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan sabun pencuci piring dan air panas untuk membuang sampah atau kotoran yang menumpuk di bagian pipa pembuangan.

Sabun pencuci piring berguna untuk melicinkan bagian pipa sehingga benda atau kotoran yang tersangkut di pipa pembuangan bisa masuk ke dalam septic tank. Sedangkan, air panas berguna untuk membantu memecah kotoran yang bersifat organik agar lebih mudah masuk ke dalam septic tank.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan air panas sebanyak-banyaknya. Gunakan air panas yang sudah direbus, namun jangan sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan sabun pencuci piring kira-kira 1 – 2 cangkir ke dalam lubang WC. Sembari menuangkan, siram dengan air panas secara perlahan. Siram sedikit demi sedikit agar air tidak meluap dan memenuhi permukaan WC. Tunggu 20 – 30 menit, kemudian siram kembali dengan air biasa untuk mengecek apakah WC masih tersumbat atau tidak.

6.    Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi WC mampet  tanpa memanggil tukang ledeng atau jasa sedot WC adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Dua bahan dapur ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan sumbatan di bagian pipa pembuangan, seperti wastafel, saluran toilet, atau saluran WC. Dua bahan ini juga sudah banyak digunakan untuk mengatasi WC mampet dan hasilnya cukup efektif.

Jika WC di rumah Anda mampet, maka jangan langsung panik. Anda bisa mengambil baking soda dan cuka untuk membersihkan sumbatan di bagian pipa pembuangan. Caranya, taburkan 1 cangkir baking soda ke bagian WC. Tunggu sekitar 10 menit hingga baking soda mengendap. Setelah itu, tuangkan 2 cangkir cuka secara merata di bagian WC. Baking soda dan cuka akan menghasilkan reaksi yang bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam pipa pembuangan.

Agar baking soda dan cuka masuk dengan tepat di bagian pipa pembuangan. Anda bisa menyiramnya dengan air biasa sedikit demi sedikit. Tunggu selama 1 jam setelah itu periksa apakah saluran sudah terbuka atau belum. Jika masih tersumbat dan air masih susah turun ke bawah. Anda bisa mengulanginya dengan menabur baking soda dan cuka lebih banyak.

7.    Gunakan Alat Penyedot WC

Cara mengatasi WC mampet yang mudah dan cepat juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat penyedot WC. Saat ini Anda dimudahkan dengan alat penyedot WC portable yang bisa digunakan sewaktu-waktu apabila terjadi sumbatan di bagian pipa pembuangan WC. Alat ini sangat mudah digunakan. Tidak perlu memanggil tukang ledeng hingga membongkar saluran WC akibat benda yang tersumbat di dalamnya.

Masalah WC mampet memang harus segara di atasi. Tidak perlu memanggil tukang ledeng atau jasa sedot WC. Anda bisa melakukan cara mengatasi WC mampet dengan mudah dan cepat seperti yang sudah dibahas di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar