Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Cara Mengatasi Kloset Mampet dengan Soda Api

/
/
/
33 Views

Kloset yang tersumbat menjadi masalah yang cukup umum. Penyebabnya pun bisa sangat beragam, mulai dari benda atau sampah yang masuk ke saluran pembuangan, kloset yang tidak cukup ventilasi, hewan yang hidup di pipa saluran, dan masih banyak lagi. Meskipun penyebabnya bisa bermacam-macam. Namun kloset mampet tidak boleh dibiarkan begitu saja. Selain akan berdampak pada penggunaan, Anda pun bisa melakukan cara mengatasi kloset mampet dengan soda api tanpa memanggil jasa tukang sedot WC.

Mengatasi kloset mampet dengan soda api memang cukup femiliar digunakan. Selain lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, cara ini terbilang lebih murah dibanding harus memanggil jasa tukang sedot WC. Bahkan tidak sedikit orang yang berhasil melakukan cara ini untuk mengatasi kloset mampet yang membuat air jadi susah turun ke bawah.

Kloset mampet memang cukup merepotkan pemiliknya. Selain tidak bisa digunakan, mereka juga harus mencari cara agar saluran kloset terbuka kembali. Meskipun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka saluran yang tersumbat. Namun menggunakan soda api adalah salah satu cara yang cukup efektif dan mudah dilakukan. Yang perlu diingat, Anda harus tetap hati-hati menggunakan soda api karena bahan ini termasuk zat kimia dengan reaksi yang cukup keras.

Soda Api (NaOH) Memiliki Sifat Korosif

Soda api atau dengan nama kimia Natrium Hidroksida (NaOH) atau yang biasa disebut dengan Soda Kaustik atau Alkali merupakan zat kimia yang memiliki sifat korosif. Korosif artinya zat kimia tersebut sifat yang mampu menghancurkan benda lain. Biasanya, soda api digunakan untuk menghancurkan benda atu kotoran yang menyumbat saluran pembuangan. Dengan zat kimia ini, benda dan kotoran penyumbat akan hancur dan air dapat turun ke bawah dengan sempurna.

Soda api juga mudah terlarut dalam air. Kebanyakan pembersih saluran yang dijual di toko-toko mengandung zat Natrium Hiroksida sebagai penghancur benda atau kotoran. Zat ini memiliki reaksi yang cukup keras sehingga tetap berhati-hati ketika menggunakannya.

Efek Penggunaan Soda Api (NaOH)

Meskipun efektif dan mudah digunakan untuk mengatasi saluran pembuangan yang mampet atau tersumbat. Namun bukan tidak mungkin jika efek penggunaan soda api memiliki bahaya terutama untuk keselamatan dan kesehatan Anda. Sifat korosifnya yang sangat keras membuat zat kimia ini mudah merusak benda atau barang yang terciprat cairannya.

Selain itu, efek penggunaan soda api juga beresiko terhadap keselamatan pengguna. Dimana cairan ini bisa memberikan efek atau rasa terbakar jika terkena kulit. Sehingga sangat disarankan jika Anda ingin menggunakan soda api untuk mengatasi saluran kloset yang tersumbat. Anda harus menggunakan sarung tangan atau pelindung kulit lainnya. Sehingga apabila cairan soda api terciprat atau mengenai kulit. Maka kulit tetap aman dari efek keras soda api.

Soda api juga memiliki dampak buruk jika tertelan atau mengenai mata. Sehingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai karena keteledoran Anda, cairan kimia ini tertelan atau digunakan untuk mainan mereka. Gunakan secara hati-hati agar cairan ini tidak berdampak bagi keselamatan dan kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan alat pelindung diri agar cairan ini tetap aman untuk mengatasi saluran kloset yang mampet atau tersumbat.

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Mengatasi Kloset Mampet

Saat kloset di rumah Anda mampet akibat adanya benda atau kotoran yang menyumbat saluran pembuangan. Maka menggunakan soda api bisa menjadi solusi untuk mengatasi kloset yang mampet dengan mudah dan cepat. Anda tidak perlu memanggil jasa tukang sedot WC dengan biaya yang mahal. Cukup membeli soda api di toko-toko terdekat, maka masalah kloset mampet pun bisa Anda atasi sendiri dengan biaya yang lebih murah.

Mengingat soda api memiliki sifat korosif yang sangat keras, maka penggunaan soda api pun harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut cara menggunakan soda api untuk mengatasi kloset mampet agar bisa digunakan kembali:

  • Sebelum menggunakan soda api atau alkali, lakukan langkah-langkah keselamatan diri dengan menggunakan sarung tangan karet, pelindung mata, masket hidung, dan alat pelindung diri lainnya.
  • Jika kamar mandi Anda memiliki pintu atau jendela, maka bukalah untuk ventilasi yang memadai.
  • Sebelum cairan soda api dituangkan ke permukaan kloset atau WC. Pastikan jika air tidak menggenangi permukaan di atas batas ketinggian normal. Jika air masih terlihat penuh, tunggu beberapa menit hingga air turun ke bawah secara perlahan.
  • Jika sudah, Anda bisa mulai menuangkan cairan soda api ke dalam lubang kloset. Tuangkan secara perlahan agar cairan soda api tidak meluap keluar.
  • Untuk mengantisipai luapan cairan soda api ke lantai kamar mandi, Anda bisa melindungi lantai dengan kain penutup atau plastik. Hal ini dilakukan agar permukaan lantai tidak rusak akibat cairan soda api yang bersifat korosif.
  • Karena lubang kloset hingga pipa pembuangan sudah terpenuhi air akibat sumbatan. Maka Anda tidak perlu lagi menambahkan air untuk memancing reaksi soda api. Menambahkan air hanya akan membuat permukaan kloset jadi penuh yang menyebabkan air tumbah ke lantai kamar mandi.
  • Karena soda api memiliki reaksi yang mampu menghancurkan benda atau kotoran penyumbat. Maka tunggu kurang lebih selama 30 menit hingga reaksi soda api berhenti.
  • Bila sudah, siramkan kembali air secara perlahan untuk memasukan benda atau kotoran ke dalam saluran pembuangan (septick tank). Ingat, jangan terlalu banyak menyiramkan air secara terus menerus. Karena apabila sumbatan belum terbuka secara penuh, air akan mengendap dan memenuhi lubang kloset kembali.

Peringatan Keselamatan Dalam Penggunaan Soda Api atau Natrium Horoksida (NaOH)

  • Reaksi soda api dapat menimbulkan luka bakar apabila terkena kulit, jadi tetap gunakan secara hati-hati dengan alat pelindung diri.
  • Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari percikan soda api.
  • Gunakan kain bekas atau plastik bekas untuk melindungi permukaan lantai kamar mandi apabila cairan soda api meluap keluar.
  • Apabila cairan soda api mengenai kulit, maka segera cuci dengan air yang mengalir hingga bersih
  • Soda api yang tercampur air akan menimbulkan reaksi gelembung kecil seperti air mendidih. Jangan sekali-kali memegangnya hingga reaksi soda api berhenti.
  • Gunakan masker atau penutup hidung dan mulut agar gas hasil reaksi soda api tidak terhidup ke saluran pernafasan.
  • Gunakan juga alat pelindung mata dan wajah untuk menangkal percikan soda api.

Cara mengatasi kloset mampet dengan soda api memang cukup efektif dan mudah dilakukan. Dimana Anda tidak perlu memanggil jasa tukang sedot WC untuk mengatasi kloset di rumah yang mampet karena tersumbat benda atau kotoran. Namun Anda harus tetap hati-hati saat menggunakan soda api yang bersifat korosif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar