Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Cara Atasi WC Mampet dengan Sabun Cuci Piring dan Soda Api

/
/
/
23 Views

Cara atasi WC mampet dengan sabun cuci piring. Memang bisa? WC atau closet yang mempet memang cukup menyebalkan. Dimana para penghuni rumah jadi kesulitan saat ingin buang air besar atau kecil. Permasalahan WC mampet seperti ini memang kerap terjadi. Apalagi jika digunakan untuk umum. Pasti ada saja masalahnya.

credit: dekoruma.com

Jika WC di rumah anda mampet atau tersumbat benda asing yang membuat air jadi sulit masuk ke septic tank. Maka jangan buru-buru panik. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Tidak perlu memanggil tukang atau jasa sedot WC. Karena cara alami pun bisa anda lakukan dengan mudah.

Memanggil jasa sedot WC memang menjadi cara yang efektif untuk mengatasi masalah WC mampet. Namun cara ini bisa menjadi pilihan terakhir bagi anda. Selain biayanya yang mahal, memanggil jasa sedot WC pun pasti tidak bisa secara langsung. Anda harus menunggu hingga petugas datang dan menyelesaikan masalah WC anda.

Agar penyelesaiannya lebih cepat dan WC bisa digunakan seperti sediakala. Anda bisa menggunakan peralatan rumah sehari-hari. Salah satunya adalah sabun cuci piring. Meskipun terdengar asing. Namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi WC mampet, watafel, atau saluran air lainnya.

Cara Mengatasi WC Tersumbat dengan Sabun Pencuci Piring

Pasti di rumah anda ada sabun cuci piringkan?Jika biasanya sabun cuci piring hanya digunakan untuk menghilangkan lemak dan kotoran bekas makan. Namun kali ini anda bisa memanfaatkan untuk mengatasi WC yang tersumbat atau mampet.

Sabun cuci piring yang dimaksud disini, anda bisa menggunakan sabun cuci piring cair atau bisa juga sabun padat namun yang telah dicairkan terlebih dahulu. Selain, sabun pencuci piring. Anda juga perlu menyiapkan air panas terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan air panas namun jangan yang mendidih. Jika keduanya sudah anda siapkan, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Tuangkan sabun pencuci piring atau sabun cair lainnya ke dalam lubang WC atau closet.
  • Anda bisa menuangkan sabun kira-kira setengah cangkir atau lebih.
  • Lalu tuangkan air hangat yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Fungsi air hangat disini untuk menghancurkan lemak atau kotoran yang menempel pada pipa saluran septic tank.
  • Diamkan 20 – 30 menit lebih agar semua kotoran penyumpan dapat lunak dan larut.
  • Jika air meluap keluar karena saluran yang tersumbat. Anda bisa sedikit demi sedikit memasukannya agar air tidak sampai tumpah kemana-mana.
  • Setelah itu, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiram WC atau closet dengan air biasa.
  • Pastikan jika air dapat masuk ke saluran pipa septic tank dengan baik.

Selain dengan sabun cuci piring, anda juga bisa menggunakan sabun mandi, detergen, shampoo, atau jenis sabun lainnya. Sabun disini digunakan untuk melicinkan pipa saluran septic tank yang tersumbat. Sedangkan, air hangat digunakan untuk melarutkan lemak atau kotoran yang menempel pada pipa. Terutama kotoran jenis organik.

Sebenarnya, penyebab WC atau closet tersumbat bisa sangat beragam. Mulai dari saluran yang tersumbat benda asing atau kotoran, septic tank yang mulai penuh sehingga air tidak dapat lagi masuk ke dalam, hingga saluran septic tank yang tidak mendapat cukup ventilasi. Cara di atas hanya bisa berhasil apabila pipa saluran tersumbat kotoran organik yang bisa dihancurkan atau dilunakan. Namun jika sumbatan berasal dari benda asing seperti tisu, pembalut, bungkus bekas shampoo, atau lainnya. Maka cara ini kurang efektif dilakukan.

Jika cara di atas tidak berhasil untuk mengatasi WC mampet, baik yang ada di rumah ataupun kantor. Anda masih bisa melakukan cara lain, yaitu dengan menggunakan zat kimia berupa Natrium Hiroksida. Zat kimia yang sering disebut sebagai cairan soda api ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi WC tersumbat.

Cara Mengatasi WC Tersumbat dengan Soda Api (Natrium Hiroksida)

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi WC mampet atau tersumbat adalah dengan menggunakan zat kimia bernama Natrium Hiroksida. Natrium Hiroksida atau yang dikenal dengan sebutan soda api ini sangat efektif untuk menghancurkan kotoran bersifat organik . Zat kimia ini menghasilkan reaksi berupa gelembung-gelembung soda yang bisa melunakan atau menghancurkan benda-benda bersifat organik.

Agar bisa efektif untuk mengatasi WC atau closet yang tersumbat. Berikut cara dan langkah yang bisa anda lakukan:

  • Siapkan Natrium Hiroksida atau bisa juga dengan membelinya di toko terdekat.
  • Karena zat ini berupa padat dan hanya bisa bereaksi dengan campuran air. Maka anda bisa menambahkan sedikit air saat soda api dimasukan ke dalam closet atau WC. Namun jika closet atau WC sudah ada airnya. Anda tidak perlu menambahkan air lagi karena reaksinya bisa membuat air tumpak ke lantai.
  • Masukan soda api ke dalam lubang closet atau WC.
  • Sambil memasukan soda api, siram dengan air agar masuk ke dalam pipa saluran septic tank.
  • Tunggu 15 menit agar reaksi soda api bekerja maksimal.
  • Jika sudah, siram kembali WC anda secara berulang-ulang.
  • Pastikan jika air bisa masuk ke dalam saliran pipa septic tank.

Natrium Hiroksida memang berupa zat kimia yang menimbulkan reaksi gelembung. Namun zat kimia ini cukup aman karena tidak meledak dan sebagainya. Bisa menjadi alternatif apabila cara pertama tidak berhasil. Bisa juga digunakan untuk mengatasi saluran toilet yang mampet, wastafel, atau saluran-saluran air lainnya.

Ketika WC atau closet di rumah anda mampet karena tersumbat kotoran atau benda asing. Maka tak perlu langsung panik memanggil tukang atau jasa sedot WC. Beberapa cara di atas bisa anda gunakan sebagai solusi mengatasi WC macet dan tersumbat. Namun jika kedua cara di atas masih kurang berhasil dilakukan. Sehingga membuat air WC tumpah kemana-mana. Maka anda bisa mengambil langkah terakhir dengan memanggil jasa sedot WC.

Memanggil jasa sedot WC bisa menjadi opsi atau pilihan terakhir. Selain alasan karena biayanya yang mahal. Opsi ini bisa anda lakukan jika beberapa cara mengatasi WC mampet tidak berhasil anda lakukan sendiri. Namun jika salah satu cara di atas berhasil dilakukan dan membuat fungsi WC atau closet dapat kembali digunakan. Maka anda tidak perlu menggunakan sedot WC atau alat pompa WC lainnya. Cukup dengan menggunakan benda atau barang yang tersedia di rumah anda. Maka WC yang mampet pun dapat di atasi dengan mudah dan cepat.

Inilah cara atasi WC tersumbat dengan sabun piring dan soda api yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Cukup efektif dan membantu terutama untuk anda yang sering mengalami WC mampet, saluran wastafel yang tersumbat, atau saluran toilet yang tidak bisa masuk ke saluran pembuangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar