Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Cara Atasi WC Mampet dengan Cuka dan Baking Soda

/
/
/
28 Views

Toilet menjadi bagian terpenting dalam sebuah rumah. Meskipun jarang mendapatkan perhatian, namun keberadaan toilet sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas seperti buang air besar dan kecil akan berjalan lancar ketika toilet di rumah Anda berfungsi dengan baik. Sayangnya, masalah seperti WC mampet kerap terjadi padahal toilet sedang dibutuhkan. Tenang, untuk Anda yang mengalami masalah WC mampet secara tiba-tiba dan membuat air jadi sulit turun ke bawah. Cara atasi WC mampet dengan cuka dan baking soda ini bisa jadi solusinya.

Kondisi WC yang mampet memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Selain mempersulit pengguna yang terbiasa buang air besar setiap hari. WC yang mampet juga sering menimbulkan masalah baru, seperti air yang terus menggenangi permukaan atau bak WC, timbulnya bau tidak sedap, hingga rusaknya bagian pipa pembuangan akibat kotoran yang tersumbat.

Jika sudah begitu, biasanya orang-orang akan panik dan justru melakukan penyiraman air secara berulang-ulang dengan tujuan benda atau kotoran penyumbat bisa langsung masuk ke septic tank. Namun cara ini sebaiknya dihindari. Dalam kondisi WC yang mampet, sebaiknya Anda tidak melakukan penyiraman air secara berulang-ulang. Hal ini justru menambah volume air jadi bertambah dan membuat sumbatan jadi parah.

Jika WC di rumah Anda mengalami sumbatan yang membuat air jadi sulit turun ke bawah. Maka usahakan tetap tenang. Biarkan dahulu hingga air meresap ke dalam hingga kondisinya normal. Jika sudah begitu, baru lakukan beberapa tindakan untuk mengatasi sumbatan yang ada di bagian pipa atau saluran pembuangan. Karena di bagian itulah yang paling rawan terjadi penyumbatan baik benda ataupun kotoran yang menempel.

Penyebab WC Mampet yang Membuat Air Sulit Turun Ke bawah

Ada beberapa penyebab WC mampet yang mungkin berasal dari kebiasaan Anda sehari-hari. Tanpa disadari hal itu membuat air yang masuk ke pipa pembuangan jadi terhambat dan menyebabkan WC jadi mampet. Berikut penyebab WC mampet yang membuat air jadi sulit turun ke bawah dengan lancar:

Kebiasaan Memasukan Benda Bekas Ke dalam WC/Kloset

Kebiasaan memasukan benda bekas seperti pembalut, tisu, rambut, bungkus shampoo atau lainnya ke dalam WC/kloset mungkin sering Anda lakukan tanpa disadari akibatnya. Dimana kebiasaan ini jika terus dilakukan akan menimbulkan sumbatan di bagian pipa saluran pembuangan. Belum lagi jika benda tersebut memiliki ukuran yang besar. Bisa saja tersangkut dan menyebabkan penumpukan kotoran di bagian tersebut.

Posisi Pipa yang Terlalu Datar

Penyebab WC mampet juga bisa berasal dari posisi pipa yang terlalu datar. Dimana posisi pipa yang terlalu datar membuat air jadi sulit turun ke bawah. Selain itu, sisa-sisa kotoran pun bisa menumpuk dan menyebabkan penyumbatan di bagian saluran pembuangan.

Pemasangan Pipa yang Berkelok

Pemasangan pipa yang berkelok juga bisa menyebkan WC jadi mampet dan tersumbat. Biasanya, hal ini ditemukan pada WC di area perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan. Dimana pipa dipasang dalam posisi berkelok menuju septic tank. Jika kotoran tidak bisa langsung masuk ke dalam septic tank. Bisa jadi hal ini menyebabkan adanya sumbatan terutama di bagian pipa yang berkelok.

Hewan yang Hidup Di dalam Saluran Pembuangan

Tanpa Anda ketahui, lubang WC yang selalu terbuka membuat hewan liar bisa masuk kapan saja di dalamnya. Hal ini sering ditemukan pada WC jongkok yang letaknya di bawah. Jika hewan tersebut masuk dan hidup di dalam saluran pembuangan. Besar kemungkinan jika tubuh hewan tersebut bertambah besar dan menyebabkan air terhalang untuk masuk ke septic tank. Hal inilah yang menyebabkan WC tersumbat dan air tidak bisa turun ke bawah.

Jika WC di rumah Anda mengalami sumbatan. Maka jangan langsung panik. Bisa saja Anda memanggil tukang ledeng atau tukang sedot WC untuk mengatasi masalah ini. Namun mengingat biaya penggunaan jasa tersebut yang mahal. Maka alternatif lain bisa menjadi solusinya. Dimana Anda bisa mengatasi WC mampet dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah. Salah satunya adalah cuka dan baking soda. Berikut cara atasi WC mampet dengan cuka dan baking soda.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Cuka dan Baking Soda

Selain memanggil tukang ledeng atau jasa sedot WC. Cara mengatasi WC macet juga bisa Anda lakukan secara alami. Dimana tindakan ini sangat aman dan mudah dilakukan. Bahkan dari segi finansial pun tergolong murah karena hanya memanfaatkan barang-barang yang tersedia di rumah. Salah satunya adalah cuka dan baking soda.

Dua bahan dapur ini sudah banyak digunakan untuk mengatasi saluran pembuangan yang tersumbat. Bukan hanya saluran wastafel dan kamar mandi, melainkan cuka dan baking soda juga efektif memecah benda-benda penyumbat yang bersifat organik. Anda bisa menggunakan dua bahan dapur ini ketika WC dalam kondisi mampet atau tersumbat secara tiba-tiba.

Untuk caranya sangatlah mudah dilakukan. Sebelum menuangkan cuka dan baking soda. Pastikan dulu jika kondisi air di dalam bak WC/kloset sudah tidak penuh lagi. Karena dua bahan ini akan bereaksi dan meluap setelah tercampur air. Untuk menghindari luapan air di lantai kamar mandi. Maka posisi air tidak boleh terlalu banyak. Jika sudah, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan cuka dan baking soda terlebih dahulu. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki, maka tinggal gunakan saja. Namun jika belum, Anda bisa membelinya terlebih dahulu.
  • Jika air dalam bak WC/kloset sudah dalam posisi normal (tidak memenuhi permukaan WC/kloset). Maka Anda bisa menaburkan dua bahan dini secara terpisah.
  • Pertama, ambil 1 cangkir baking soda lalu taburkan ke dalam lubang WC. Baking soda yang tercampur air akan memutih dan menggumpal.
  • Tunggu sekitar 5 – 10 menit agar baking soda mengendap di bagian lubang WC.
  • Setelah itu, ambil 2 cangkir cuka dan tuangkan secara merata ke lubang WC/kloset. Kedua bahan ini akan menghasilkan gelembung-gelembung yang menandakan ada reaksi di dalamnya.
  • Agar cuka dan baking soda masuk ke dalam saluran pembuangan tepat di bagian sumbatan. Siram secara perlahan dengan air biasa. Usahakan menyiramnya sedikit demi sedikit agar air tidak meluap sampai keluar.
  • Jika cuka dan baking soda sudah berada di pipa pembuangan. Tunggu dalam waktu semalam agar kedua bahan ini bereaksi memecah benda atau kotoran penyumbat. Reaksi antara cuka dan baking soda memang bisa memecah benda atau kotoran terutama yang bersifat organik.
  • Setelah dibiarkan semalaman, Anda bisa mengecek kembali dengan menyiram air secara berulang-ulang. Jika air masih belum bisa turun ke bawah, Anda bisa mengulangi dari langkah awal namun dengan penambahan porsi yang lebih banyak.

Jika WC mengalami sumbatan dan tidak bisa digunakan. Maka jangan buru-buru memanggil jasa ledeng atau tukang sedot WC. Cara atasi WC mampet dengan cuka dan baking soda di atas bisa jadi solusi paling tepat yang bisa Anda lakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar