Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

5 Bahan yang Bisa Digunakan Untuk Atasi WC Mampet Di Rumah

/
/
/
25 Views

Air tidak dapat masuk ke saluran WC setalah buang air besar? Wah, tentu sangat merepotkan. Selain menyebabkan aroma yang tidak sedap. Tentu anda dan keluarga lain pun tidak bisa menggunakan WC sebagaimana mestinya. Tenang, anda tidak perlu panik dan langsung memanggil jasa sedot WC. Karena 5 bahan ini bisa digunakan untuk atasi WC mampet di rumah anda.

WC yang macet tentu menjadi persoalan besar bagi anda dan keluarga. Selain menimbulkan aroma tidak sedap di rumah anda. Kotoran bekas buang air besar atau kecil pun jadi tidak bisa masuk ke septic tank. Hal ini tentu saja ada penyebabnya. Biasanya WC yang macet atau mampet disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari saluran yang tersumbat benda asing, septic tank yang tidak mendapatkan fentilasi, hingga WC yang sudah penuh.

Jika hal ini terjadi di rumah anda. Maka jangan buru-buru memanggil jasa sedot WC. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan 5 bahan atau benda berikut ini:

1.    Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Jika WC atau kloset anda mengalami macet atau mampet sehingga air tidak dapat masuk ke dalam. Maka jangan buru-buru panik. Kebanyakan, saat WC mampet biasanya orang langsung menyiram banyak air agar air dapat masuk kembali. Namun, hal ini justru salah. Menyiram banyak air hanya akan membuat saluran WC menjadi penuh dan tumbah keluar. Jika sudah begitu, tentu akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Saat WC atau kloset anda mampet, ada cara mudah untuk mengatasinya. Tidak perlu memanggil jasa sedot WC atau pun menggunakan alat penyedot WC lainnya. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Mungkin cara ini sedikit aneh. Namun cukup ampuh untuk mengatasi WC yang tersumbat. Tidak harus menggunakan sabun cuci piring. Anda bisa menggunakan shampoo atau sabun batangan yang sudah dicairkan.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah memasukan air sabun ke dalam lubang WC. Lalu diamkan beberapa menit. Air sabun disini berguna untuk memecah kotoran atau lemak penyumbat, melicinkan pipa saluran WC dan membuat benda yang masuk bisa mangalir ke septic tank dengan lancar.

Setelah anda diamkan beberapa menit. Tuangkan air panas ke WC sebanyak mungkin. Lalu diamkan kembali selama 30 menit. Langkah yang terakhir, anda bisa menyiram berulang kali agar kotoran yang tersumbat bisa masuk ke dalam.

2.    Soda Api

Pernahkan anda mendengar jika WC macet bisa diatasi dengan cairan soda api? Soda api atau dengan nama lain Natrium Hiroksida adalah bahan kimia yang bisa anda gunakan untuk mengatasi WC atau kloset yang mampet. Bahan ini tidak memiliki bahaya yang tinggi sehingga aman untuk digunakan.

Natrium Hiroksida akan bereaksi setelah anda campurnya dengan air. Bahan ini akan menimbulkan gelembung soda yang bereaksi dengan sangat cepat. Selain itu, bahan ini juga dapat menghancurkan kotoran atau benda terutama yang bersifat organik. Sehingga tak jarang orang menggunakannya untuk mengatasi saluran WC yang tersumbat akibat benda atau kotoran yang menumpuk di dalam pipa.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membeli soda api di toko terdekat. Soda api ini berbentuk padat. Jadi, untuk menggunakannya anda harus mencampurnya dengan air. Namun karena di saluran WC atau kloset sudah ada airnya. Anda tinggal memasukannya saja ke dalam lubang WC sambil menyimkan air sedikit demi sedikit. Setelah itu, tunggu beberapa menit agar soda api bereaksi. Langkah terakhir, anda bisa menyiram air berkali-kali agar benda atau kotoran yang menempel pada pipa bisa masuk ke dalam septic tank.

3.    Cuka dan Baking Soda

Selain soda api, anda juga bisa menggunakan cuka dan baking soda. Dua bahan ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi WC yang mampet. Selain bisa menghancurkan kotoran, biasanya cuka dan baking soda juga digunakan sebagai pembersih toilet dan menghilangkan bau tidak sedap. Bahkan sering juga digunakan untuk mengatasi saluran air atau wastafel yang mampet.

Sebelum menuangkan cuka dan baking soda ke lubang WC. Anda bisa menuangkan air panas terlebih dahulu. Tujuannya untuk melunakan kotoran yang menggumpal pada pipa saluran. Jika air panas sudah anda tuangkan. Tunggu beberapa menit agar kotoran bisa melunak dan terdorong masuk dengan mudah.

Berikutnya, anda bisa menuangkan satu cangkir baking soda ke dalam lubang WC. Tunggu beberapa menit hingga cairan tersebut mengendap. Setelah itu, anda bisa menuangkan dua cangkir cuka secara merata. Jika dicampur, kedua cairan tersebut akan bereaksi dan menghasilkan gelembung soda. Diamkan kembali selama 1 jam atau lebih. Terakhir, anda bisa menyiram air untuk uji coba apakah saluran masih tersumbat atau tidak.

Jika masih belum berhasil, anda bisa mengulangi dari langkah pertama. Kemungkinan ada benda atau kotoran yang terlalu keras sehingga sulit masuk ke dalam.

4.    Plastik Pembungkus Makanan

Untuk anda yang bingung mengatasi closet tersumbat. Maka benda lain yang bisa anda gunakan adalah plastik pembungkus makanan. Plastik pembungkus makanan yang dimaksud disini adalah yang digunakan untuk membungkus buah potong di supermarket.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menutup kloset duduk dengan plastik secara sempurna. Pastikan plastik benar-benar menutup dan menempel di semua area. Setelah itu, anda bisa menekan tombol flush berkali-kali. Tujuannya untuk memberikan udara agar plastik bisa mengembang.

Jika plastik dirasa sudah mengembang. Itu artinya akan ada udara yang mampu mendorong benda masuk ke dalam. Biasanya efektif untuk membuang kotoran bekas tisu, bungkus shampoo, atau benda-benda kecil yang masuk ke dalam kloset.

5.    Gantungan Baju (Hanger) Berbahan Kawat

Benda lain yang bisa anda gunakan untuk mengatasi WC atau kloset mampet adalah gantungan baju berbahan kawat. Benda ini tidak sulit untuk didapat. Karena hampir semua orang menggunakannya sebagai gantungan baju di rumah. Dengan catatan, anda bisa menggunakan benda ini apabila benda penyumbat masih berada tak jauh dari lubang WC.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memasukan ujung hanger ke dalam lubang WC. Dorong-dorong agar benda atau kotoran yang menempel bisa masuk ke dalam. Sesekali anda harus menyiramnya agar benda tersebut bisa masuk ke septic tank. Selain itu, anda juga bisa menarik benda penyumbat secara perlahan agar keluar. Ingat, cara ini hanya bisa dilakukan apabila benda penyumbat masih berada tak jauh dari lubang WC atau kloset anda.

Kini mengatasi masalah WC mampet tidak perlu harus memanggil jasa sedot WC. Anda bisa menggunakan 5 bahan yang bisa digunakan untuk atasi WC mampet di rumah anda. Benda-benda tersebut tidak jauh dari kehidupan anda dan sering digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar