Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

Ajaib! Ini 4 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

/
/
/
0 Views
daun kelor

Beberapa saat lalu, tren penggunaan matcha atau teh hijau sebagai bahan utama beragam produk kecantikan marak dijumpai di industri kosmetik. Seiring dengan berjalannya waktu, tampaknya tren tersebut kini mengalami pergeseran yang cukup signifikan. Bubuk moringa atau daun kelor sekarang menjadi sebuah bahan yang populer ditambahkan baik ke dalam minuman atau pun makanan berkat kandungan gizinya yang berlimpah.

Tidak hanya diklaim memiliki khasiat yang bagus untuk menjaga kesehatan, daun kelor rupanya juga menjadi primadona di sektor kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya ragam produk skin care di pasaran yang mendapuk daun kelor sebagai bahan utamanya. Umumnya, Anda dapat menemukan produk-produk kecantikan berbahan daun kelor dalam bentuk bubuk atau minyak.

Bahkan, bukti kemanjuran daun kelor untuk mengatasi beberapa persoalan seputar kulit wajah dapat ditelusuri sejak jaman Mesir Kuno hingga pada era Yunani Kuno. Penemuan ini menunjukkan kehebatan daun kelor yang layak disegani untuk merawat kecantikan kulit wajah kita.

Berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Anda dapat menjumpai x manfaat daun kelor untuk wajah beserta cara penggunaannya yang dapat Anda ikuti dengan mudah di rumah.

1. Meningkatkan pembentukan kolagen alami di dalam kulit

Daun kelor mengandung vitamin C dalam kadar tinggi. Faktanya, vitamin C yang terkandung di dalam daun kelor berjumlah sekitar 7 kali lebih banyak dari kandungan vitamin C buah jeruk. Temuan ini merupakan berita bagus untuk kulit wajah Anda yang membutuhkan vitamin tersebut untuk memproduksi kolagen secara alami.

Vitamin C membantu meningkatkan pembentukan kolagen dan mempercepat siklus pergantian sel. Hasilnya? Kulit pun bekerja dengan optimal dalam memperbaiki sel-sel yang rusak dari dalam. Di samping itu, vitamin C juga efektif dalam membantu Anda untuk mempertahankan keremajaan kulit Anda sepanjang waktu.

Tidak cukup hanya sampai di situ, kulit juga memerlukan Vitamin C untuk menstabilkan kadar kolagen yang ada. Nutrisi tersebut juga berfungsi sebagai pelindung yang mencegah enzim-enzim jahat untuk menurunkan kolagen seiring bertambahnya usia. Dan, sebagai hasilnya, vitamin C menjadi satu jenis gizi yang amat dibutuhkan dalam mendukung kekencangan kulit Anda.

Pada dasarnya, vitamin C merupakan kandungan utama dari daun kelor yang tidak ingin Anda sia-siakan begitu saja.

2. Mencegah penuaan dini

Setiap hari, kulit wajah kita terpapar akan bermacam-macam faktor penyebab munculnya penuaan dini, seperti polusi dan radiasi sinar UV. Tubuh kita pun bereaksi terhadap paparan tersebut dengan memproduksi sel-sel radikal bebas yang bersifat destruktif, yang mana dapat menyerang bagian-bagian penting dari sel-sel kulit kita (seperti sel membran dan DNA). Akibatnya, muncul gejala-gejala penuaan dini meliputi garis-garis halus, kerutan, dan kulit wajah kendur.

Beruntungnya, kandungan oksiden yang tinggi di dalam daun kelor dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Antioksidan pada daun kelor dapat menetralkan radikal bebas yang mengancam kesehatan sel-sel kulit Anda.

Lebih penting lagi, senyawa-senyawa ini membantu ‘memadamkan kobaran api’ pada kulit wajah Anda yang secara langsung dapat berdampak pada terjadinya penuaan dini.

3. Cocok untuk kulit kering dan berminyak

Manfaat daun kelor untuk wajah yang berikutnya ini tentu akan disambut dengan baik oleh kaum Hawa di luar sana.

Jika Anda memiliki kulit wajah cenderung berminyak, daun kelor mungkin bisa menjadi sahabat setia Anda. Sekali lagi, kandungan antioksidannya yang tinggi bermanfaat untuk memperbaiki segala kerusakan sel yang terjadi di lapisan dalam kulit. Ini juga berdampak positif dalam menurunkan level stres kulit dan inflamasi (peradangan) yang memicu produksi minyak berlebih.

Namun, apabila Anda justru memiliki kulit wajah yang kering, vitamin B di dalam daun kelor adalah penyelamat untuk Anda. Nutrisi tersebut akan menarik air ke lapisan terluar kulit. Lebih lanjut lagi, minyak daun kelor dapat meresap dengan mudah hingga ke lapisan terdalam kulit dan melembabkannya dari dalam.

4. Menyembuhkan jerawat

Selanjutnya, manfaat daun kelor untuk wajah yang tidak ingin Anda lewatkan begitu saja adalah fakta bahwa daun tersebut dapat Anda gunakan untuk mengontrol pertumbuhan jerawat di wajah Anda.

Karena daun kelor memiliki kemampuan baik untuk mengontrol kelenjar minyak (sebaceous glands) Anda, tumbuhan tersebut juga diyakini dapat mengendalikan persebaran jerawat. Bagaimanapun juga, sebum berlebih memiliki dampak negatif karena kinerjanya yang mencampurkan sel kulit mati dan menutup pori-pori, sehingga menghasilkan jerawat. Terlebih lagi, genangan minyak berlebih adalah tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan antioksidan dari daun kelor dapat memudahkan proses biologis yang terjadi di balik breakout dan permasalahan kulit lainnya.

Saat kulit berada di bawah tekanan oksidatif, yang misalnya disebabkan karena kurang tidur, pola makan buruk, stres, atau tinggal di kota berpolusi tinggi, faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan peradangan. Hal tersebut juga yang di kemudian hari mendorong terjadinya ketidakseimbangan hormon yang dapat berujung pada timbulnya jerawat, kemerahan pada kulit wajah, psoriasis, dan eksim.

Sekarang, giliran Anda untuk membuktikan langsung manfaat daun kelor untuk wajah di rumah. Anda dapat dengan mudah membuat sendiri masker daun kelor Anda. Ingat, pastikan untuk selalu memilih bubuk daun kelor berkualitas tinggi demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah cara membuat masker daun kelor.

Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan:

  • ½ sendok makan bubuk daun kelor
  • Satu sendok makan madu
  • Satu atau dua sendok teh witch hazel (untuk kulit berminyak) atau air mawar (untuk kulit kering)
  • Minyak esensial (secukupnya)

Langkah pembuatannya pun tidak sulit.

Pertama-tama, siapkan mangkuk kecil dan campurkan bubuk daun kelor dengan madu. Kemudian, tambahkan witch hazel atau air mawar secara perlahan ke dalam mangkuk dan campur merata hingga tingkat kekentalan yang Anda inginkan. Beri 3 sampai 5 tetes minyak esensial yang aman digunakan untuk kulit wajah, seperti tea tree. Aduk rata dan oleskan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya. Setelah 10-15 menit, bilas bersih dengan air hangat dan tepuk perlahan menggunakan handuk kering. Jangan lupa untuk melembabkan wajah Anda dengan moisturizer andalan Anda setelahnya.

Sebagaimana solusi kecantikan alami lainnya, ada banyak cara untuk membuat masker wajah kelor. Anda bisa mencampur bubuk daun kelor dengan bahan dasar favorit Anda, seperti alpukat atau pisang. Sedangkan untuk minyak kelor, campurkan bahan tersebut pada pelembab lain atau gunakan langsung pada wajah. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah masing-masing agar manfaat daun kelor untuk wajah dapat Anda peroleh seluruhnya dengan sempurna.

Baiklah, selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar