Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

8 Trik Mengatasi WC Tersumbat Tanpa Sedot WC

/
/
/
29 Views

WC mampet atau tersumbat menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Bayangkan saja, ketika anda pup tiba-tiba fases tidak bisa masuk setelah disiram berulang kali. Kejadian seperti ini memang bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan untuk WC yang anda gunakan secara pribadi sekalipun. Saat WC mengalami penyumbatan, entah itu karena benda, hewan, atau kotoran. Maka jangan langsung panik. Ada beberapa trik mengatasi WC tersumbat tanpa sedot WC yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah.

Saat WC mampet tentu fungsinya pun jadi tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Solusinya, agar WC dapat kembali digunakan. Maka anda harus melakukan beberapa cara untuk mengatasi penyumbatan yang terjadi. Biasanya, penyumbatan pada saluran pembuangan bisa dikarenakan adanya benda atau sampah yang masuk ke dalam. Sampah tersangkut dan membuat kotoran jadi menumpuk di bagian tersebut.

Jika sudah seperti ini, kebanyakan orang akan memanggil tukang atau jasa sedot WC untuk mengatasi masalah tersebut. Namun biaya pun tentu tak sedikit. Belum lagi jika tukang sedot WC tidak bisa langsung mengatasi pada hari itu juga. Padahal anda dan keluarga ingin segera menggunakan WC untuk keperluan BAB.

Sebenarnya, mengatasi WC mampet bisa anda lakukan sendiri tanpa memanggil jasa sedot WC. Anda bisa menggunakan cara-cara tradisional untuk menangani masalah WC mampet dan tersumbat. Caranya pun juga tidak sulit. Bahkan dari segi biaya pun lebih hemat karena anda bisa menggunakan beberapa bahan atau benda yang ada di rumah. Agar tidak berlama-lama lagi, berikut trik mengatasi WC tersumbat tanpa memanggil tukang / jasa sedot WC:

1.    Dengan Menggunakan Hanger / Gantungan Baju

Jika anda pernah mendengar cara mengatasi WC macet dengan bantuan hanger atau gantungan baju itu memang benar adanya. Dimana anda bisa menggunakan gantungan baju berbahan kawat. Namun gantungan baju perlu dilengkungkan agar bisa masuk ke lubang WC dengan sempurna. Jika barang sumbaran masih berada tidak jauh dari lubang WC. Maka anda bisa langsung memancingnya dengan gantungan baju ini. Namun jika sumbatan berasal dari saluran di bagian tengah atau dalam. Maka anda tidak bisa menariknya dengan bantuan hanger. Harus menggunakan cara lain.

2.    Garam dan Air Panas

Jika sumbatan berasal di bagian tengah atau dalam saluran pembuangan. Anda bisa memanfaatkan garam dapur. Garam dapur adalah bumbu masak yang mengandung anti bakteri yang cukup tinggi. Bahan ini bisa membersihkan bakteri atau kotoran yang menempel di pipa pembuangan penyebab sumbatan.

Caranya, anda bisa menaburkan cukup banyak garam di bagian lubang WC atau closet. Siapkan air panas kira-kira 2 panci. Air panas disini digunakan untuk membantu melarutkan kotoran penyumbat di bagian pipa. Setelah anda menaburkan garam, siramkan air panas sedikit demi sedikit agar bisa masuk ke dalam. Tunggu selama 1 jam agar proses pelarutan dapat berjalan. Setelah itu siram kembali menggunakan air dingin untuk mengecek apakah saluran masih tersumbat atau tidak.

3.    Baking Soda dan Cuka

Jika biasanya anda menggunakan baking soda untuk membuat kue. Maka kali ini anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan sumbatan di bagian pipa pembuangan septic tank. Saat WC atau closet anda mengalami gangguan yang membuat air sulit turun. Maka baking soda bisa menjadi solusinya. Anda bisa menggunakan baking soda atau soda kue dan cuka untuk membersihkan bagian pipa saluran pembuangan.

Caranya, taburkan baking soda kira-kira setengah cangkir. Diamkan selama 15 menit agar baking soda mengumpal. Kemudian tuangkan air cuka kira-kira 1 cangkir gelas teh. Siram dengan air agar masuk ke pipa bagian dalam. Tunggu selama 1 jam agar kedua bahan ini bereaksi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran penyumpat yang ada di pipa pembuangan. Setelah itu, siram kembali untuk mengecek apakah air bisa turun ataukah belum.

4.    Soda Api

Membersihkan kotoran atau penyumbat di bagian pipa pembuangan memang gampang-gampang susah. Tergantung jenis benda penyumbat yang akan dibersihkan. Jika penyumbat berasal dari sisa-sisa kotoran, hewan, atau sejenis bahan organik lainnya. Maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan soda api. Soda api atau dengan nama lain Natrium Hiroksida ini bisa anda dapatkan melalui toko-toko terdekat.

Caranya, taburkan soda api yang sudah anda beli di bagian lubang WC atau closet. Soda api ini memiliki reaksi yang akan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil seperti minuman bersoda. Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam agar soda api membersihkan bagian penyumpat di pipa pembuangan. Jika cara pertama masih belum berhasil, anda bisa mengulanginya kembali hingga air dapat turun ke saluran pembuangan.

5.    Sabun Cuci Piring / Shampoo

Trik mengatasi WC mampet tanpa sedot WC selanjutnya bisa anda lakukan dengan sabun cuci piring, shampoo, atau sabun cair. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk melicinkan bagian pipa pembuangan. Sehingga kotoran atau benda yang tersangkut di dalam pipa pembuangan bisa masuk ke septic tank.

Caranya, tuangkan kita-kita 1 cangkir sabun pencuci piring. Anda juga bisa menggunakan sabun cair atau shampoo. Setelah itu, siram dengan air panas yang sudah anda rebus sebelumnya. Tujuannya agar kotoran dapat melunak dengan mudah. Diamkan kurang lebih selama 30 menit kemudian siram secara berulang-ulang.

6.    Alat Penyedot Debu

Mengambil benda yang masuk ke dalam saluran pembuangan WC memang tidak dapat dilakukan dengan tangan karena posisinya yang masuk ke bawah. Disini anda bisa menggunakan alat penyedot debu yang biasanya anda gunakan sebagai alat pembersih sehari-hari. Alat penyedot debu yang dimaksud disini adalah alat penyedot debu yang tahan air. Jadi, saat alat dimasukan ke lubang WC yang kedap air. Maka alat tetap berfungsi dengan baik.

7.    Cairan Pembersih Saluran Pembuangan

Mengatasi WC tersumbat kini lebih mudah karena sudah banyak tersedia cairan pembersih saluran pembuangan. Anda bisa menggunakan cairan ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menyumpat di bagian pipa pembuangan. Cocok juga untuk mengatasi wastafel mampet, saluran kamar mandi yang tersumbat, dan lain-lain.

8.    Alat Sedot WC

Mengatasi WC tersumbat memang tidak perlu memanggil jasa atau tukang sedot WC lagi. Selain bisa menggunakan cairan pembersih khusus mengatasi WC tersumbat. Anda juga bisa menggunakan alat sedot WC portable. Alat ini lebih kecil dan mudah digunakan. Menggunakan sistem flush yang membantu mendorong benda atau kotoraan penyumbat ke bagian dalam septic tank. Alat sedot WC ini pun juga sudah banyak tersedia di toko online maupun offline.

Kini untuk anda yang tiba-tiba mengalami WC mampet sehingga air sulit turun. Maka tidak perlu lagi memanggil jasa tukang sedot WC. Dengan beberapa trik mengatasi WC tersumbat tanpa sedot WC di atas. Maka anda bisa mengatasinya sendiri dengan langkah yang cepat, praktis, dan lebih mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar