Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

8 Tips Menghilangkan Bau WC yang Menguap dan Beraroma Tidak Sedap

/
/
/
34 Views

WC atau kamar mandi menjadi bagian terpenting dalam rumah anda. Meskipun keberadaannya kurang diperhatikan. Namun bayangkan saja jika sebuah rumah yang anda tempati tidak memiliki WC. Pasti sangat repot ketika anda ingin buang air besar atau buang air kecil. Sebagai tempat BAB, WC seringkali menimbulkan bau atau aroma yang tidak sedap. Bahkan baunya bisa menguap hingga masuk ke dalam rumah. Jika hal ini terjadi, anda bisa mencoba tips menghilangkan bau WC yang menguap dan beraroma tidak sedap seperti di bawah ini.

Bau tidak sedap pada WC atau toilet bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari WC yang jarang dibersihkan, septic tank yang mulai penuh, adanya kebocoran pada pipa pembuangan, dan lain-lain. Jika hal tersebut terjadi, maka anda tidak bisa diam begitu saja. Selain mengganggu kenyamanan anda dan keluarga. Bau tidak sedap pada WC juga bisa menurunkan nafsu makan anda.

Bahkan ketika ada tetangga atau keluarga yang bertamu. Tentu hal tersebut bisa sangat mengganggu. Dimana bau akan menguap kemana-mana dan menyebabkan orang lain jadi tidak betah berada di rumah anda. Kini untuk anda yang mengalami masalah WC bau dan menimbulkan aroma tidak sedap. Berikut tips menghilangkan bau WC yang tidak sedap dengan mudah.

Tips Hilangkan Bau WC yang Tidak Sedap

WC atau kloset yang menimbulkan bau tidak sedap tentu sangat mengganggu. Selain mencemari lingkungan dengan bau yang ditimbulkan. Tentu anda pun jadi tidak betah berada di dalam rumah. Apalagi jika baunya sudah menguap kemana-mana.

Permasalahan seperti bau WC seperti ini memang kerap terjadi. Apalagi jika anda kurang menjaga kebersihan area WC atau toilet. Penumpukan kuman dan bakteri akan menyebabkan area toilet jadi beraroma tidak sedap. Ditambah dengan bau WC yang sangat menyengat. Tentu sangat mengganggu anda dan keluarga.

Masalah WC berbau memang tidak bisa dianggap remeh. Apalagi jika persoalannya berasal dari saluran pembuangan. Namun tidak perlu khawatir. Bau pada WC bisa anda atasi dengan beberapa tips mudah di bawah ini:

1.     Cari Titik Permasalahan yang Membuat WC Jadi Bau

WC atau toilet yang bau bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari tingkat kebersihan yang kurang, saluran pembuangan atau pipa septic tank yang tersumbat, septic tank yang mulai penuh, kebocoran pada pipa pembuangan, dan lain-lain. Agar baunya hilang dan tidak menguap, anda harus tahu terlebih dahulu penyebabnya apa. Setelah itu, baru bisa di atasi dengan cara yang tepat.

2.     Bersihkan WC Secara Rutin

WC yang digunakan sebagai tempat untuk buang air kecil atau air besar tentu menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika tidak sering dibersihkan, bisa jadi penumpukan kuman dan bakteri menyebabkan WC atau toilet di rumah anda menjadi bau dan beraroma tidak sedap. Usahan untuk membersihkan WC atau toilet setiap hari atau setelah pemakaian.

3.     Gunakan Aroma Wewangian yang Menyegarkan

Untuk menghilangkan bau WC yang tidak sedap, anda bisa menggunakan aroma wewangian atau parfum khusus kamar mandi. Dengan menggunakan aroma yang menyegarkan, maka WC dan kamar mandi yang semula bau jadi lebih segar. Anda dan keluarga pun bisa menggunakannya dengan nyaman.

4.     Sediakan Ventilasi yang Cukup

WC atau kloset yang menimbulkan bau tidak sedap bisa terjadi karena ruangan kamar mandi tidak memiliki ventilasi yang cukup. Sehingga saat anda menggunakannya untuk BAB, maka bau akan terjebak dan sulit hilang. Bahkan bisa menguap sampai ke ruangan lain. Sebaiknya, beri sedikit ventilasi agar pertukaran udara dapat terjadi sehingga WC atau kamar mandi jadi tidak bau lagi.

5.     Gunakan Sabun Cuci Piring

WC bau juga bisa disebabkan karena adanya sumbatan yang menyebabkan air tidak bisa masuk ke saluran septic tank dengan sempurna. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan kotoran penyumbat pipa septic tank. Caranya, tuangkan sabun cuci piring kira-kira setengah cangkir. Kemudian tuangkan air hangat yang telah anda rebus sebelumnya. Setelah itu diamkan sekitar 30 menit, lalu siram berulang-ulang agar kotoran dapat dibersihkan.

6.     Siram dengan Air Panas

Cara menghilangkan bau WC yang menguap dan tidak sedap juga dapat anda lakukan dengan menyiramkan air panas ke dalam lubang WC. Air panas dapat membuang kotoran yang menempel pada pipa saluran pembuangan. Selain itu, apabila terdapat kotoran yang menyumbat pipa pembuangan. Maka anda bisa segera membersihkannya dengan menggunakan air panas yang telah direbus sebelumnya.

7.     Taburi Garam

Jika biasanya garam digunakan sebagai bumbu masak sehari-hari. Maka kali ini anda bisa memanfaatkan garam dapur untuk mengatasi WC atau toilet yang bau. Garam memiliki kandungan anti-bakterian yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan tumpukan bakteri yang ada di WC atau kamar mandi anda. Caranya, cukup tuangkan garam secukupnya. Lalu larutkan bersama air hangat. Diamkan selama 1 jam agar semua bakteri mati terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa menuangkan kembali air hangat untuk membersihkan saluran pembuangan dari tumbukan bakteri yang ada.

8.     Gunakan Cuka dan Baking Soda

Cuka dan baking soda mungkin sering anda gunakan sebagai bahan dapur atau pembuat kue. Namun tahukan anda jika bahan dapur yang satu ini bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada WC atau toilet anda. Caranya, tuangkan air cuka dan baking soda ke dalam lubang WC atau saluran pembuangan. Diamkan beberapa menit agar cuka dan baking soda bereaksi. Jika terdapat sumbatan pada saluran pembuangan. Anda bisa menuangkan air panas agar semua kotoran dapat terangkat dan masuk ke septic tank.

9.     Periksa Saluran Septic Tank

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan memeriksa saluran septic tank. Biasanya, WC yang bau dapat disebankan adanya kebocoran pada pipa pembuangan atau bisa juga karena ada benda yang menyumbat sehingga tinja tidak dapat masuk ke saluran septic tank. Meskipun cara ini sedikit sulit karena kebanyakan saluran septic tank yang terkubur di bawah tanah. Namun cobalah untuk memeriksa agar apabila terjadi penyumbatan atau kebocoran anda bisa langsung memperbaikinya.

Masalah seperti WC atau toilet yang bau memang kerap terjadi. Bahkan bisa terjadi di rumah anda. Meskipun sering dibersihkan, namun WC masih tetap bau dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Jika sudah begitu, anda bisa melakukan beberapa tips menghilangkan bau WC yang menguap dan beraroma tidak sedap yang telah dijelaskan di atas. Jika beberapa tips sudah anda lakukan. Namun WC masih berbau, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah memeriksa saluran pipa pembuangan atau septic tank. Dengan begitu, anda bisa mengetahui penyebab bau yang ditimbulkan oleh WC atau toilet anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar