Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

8 Cara Mengatasi Closet / WC Mampet Tanpa Disedot

/
/
/
32 Views

Sumbatan pada closet atau WC sering terjadi di waktu yang tidak tepat. Sepertinya hal ini akan membuat pengguna merasa kesal dan jengkel. Pasalnya, ketika closet digunakan. Tiba-tiba air tidak dapat masuk ke dalam dan membuat tinja berserakan. Selain itu, aroma yang ditimbulkan pun akan membuat seluruh ruangan toilet jadi tidak sedap. Kini bagi anda yang mengalami kejadian tidak mengenakan seperti ini. Ada beberapa cara mengatasi closet / WC mampet tanpa disedot.

Menyedot WC ke tukang atau jasa ledeng mungkin bisa anda lakukan. Namun cara ini bisa menjadi pilihan terakhir apabila cara yang anda lakukan tidak berhasil. Sejauh ini, banyak orang yang terbantu dengan cara-cara alami mengatasi WC mampet. Misalnya, dengan menaburkan garam dapur, baking soda, cuka, air panas, hingga menggunakan gantungan baju atau hanger.

Dari beberapa cara ini, anda bisa mengatasi WC yang mampet akibat sumbatan kotoran yang menumpuk di bagian pipa pembuangan. Namun, bagaimana jika sumbatan terjadi pada toilet duduk atau closet? Berikut adalah cara mudah mengatasi kloset yang mampet dan tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Kloset Tersumbat dengan Cepat dan Mudah

Closet atau toilet duduk kini sudah banyak digunakan. Sebagai pengganti WC jongkok, keberadaan closet sudah jauh lebih modern dan terkesan lebih mewah. Sehingga tidak jarang yang menggunakan toilet jenis ini. Meskipun terlihat lebih mewah, bersih, dan rapi. Namun, beberapa masalah kerap terjadi yang membuat fungsinya tidak bisa digunakan. Salah satunya adalah closet tersumbat yang membuat tinja tidak bisa masuk ke saluran septic tank.

Jika tinja tidak bisa masuk ke saluran pembuangan. Itu artinya, ada benda atau kotoran yang menyumbat atau menempel di bagian pipa pembuangan. Untuk mengatasi hal seperti ini. Anda tidak perlu repot memanggil jasa seot WC atau tukang ledeng. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Berikut cara mengatasi kloset mampet tanpa memanggil jasa sedot WC:

1.     Usahakan Agar Air/Tinja Tidak Meluap Keluar

Jika setelah digunakan tiba-tiba air tidak dapat masuk ke dalam saluran pembuangan. Maka usahakan untuk tidak menyiram atau mengguyur air secara berlebihan. Hal ini hanya akan membuat air atau bekas tinja meluap keluar dan menyebabkan aroma yang tidak sedap. Sebaiknya, buka bagian tangki closet dan tutup bagian katup fleppernya untuk mencegah air tidak masuk ke dalam mangkuk atau lubang closet. Katup flepper ini mirip dengan tutup saluran air yang biasanya terhubung dengan rantai. Anda bisa memasukan tangan ke dalam tangki untuk menutup bagian flepper.

2.     Cobalah Untuk Mengambil Benda Sumbatan

Jika anda bisa melihat benda sumbatan di bagian closet. Sebaiknya langsung diambil saja. Meskipun sedikit jorok karena bekas tinja yang tidak bisa masuk secara sempurna. Namun cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Dimana anda bisa mengambil atau merogoh benda yang menyumbat saluran pembuangan. Jika terlihat jorok atau menjijikan, anda bisa menggunakan sarung tangan karet agar tangan tetap steril.

Biasanya, ada beberapa benda atau barang yang masuk ke lubang closet dan menyebabkan penyumbatan. Misalnya seperti, pembalut wanita, tisu, bungkus shampoo atau sabun, mainan anak, atau benda lainnya. Jika benda masih bisa dilihat, sebaiknya langsung anda angkat agar tidak masuk lebih dalam lagi.

3.     Gunakan Hanger atau Gantungan Baju Berbahan Kawat

Hanget atau gantungan baju memiliki bagian melengkung yang bisa anda gunakan untuk mengambil benda atau barang yang masuk ke lubang closet. Anda bisa menggunakan gantungan baju berbahan kawan yang kuat. Karena jika tidak kuat, takutnya gantungan baju akan patah dan membuat sumbatan jadi lebih parah.

Caranya, anda bisa membalik gantungan baju dengan posisi terbalik. Bagian melengkung inilah yang bisa anda gunakan untuk mengambil benda atau kotoran yang menyumbat di bagian lubang closet. Jika anda berhasil menemukannya, angkat secara perlahan agar benda tidak kembali masuk ke lubang closet.

4.     Dengan Garam Dapur

Mungkin terdengar aneh bagi anda yang belum pernah mencobanya. Garam dapur memiliki kandungan anti bakteri yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang bisa melarutkan kotoran organik yang menjadi penyebab closet tersumbat. Saat closet anda tersumbat dan membuat air tidak bisa masuk ke dalam saluran pembuangan. Cobalah ambil beberapa sendok garam dapur. Anda bisa menaburkannya ke bagian lubang closet. Diamkan selama 30 menit atau 1 jam. Setelah itu, siram dengan air sedikit demi sedikit untuk membuang kotoran penyumbat pipa.

5.     Baking Soda

Selain garam dapur, bahan dapur yang bisa anda gunakan untuk mengatasi closet tersumbat adalah baking soda atau soda kue. Bahan pembuat kue satu ini bisa anda manfaatkan untuk membersihkan tumpukan kotoran yang menyumbat di bagian pipa pembuangan. Caranya, taburkan beberapa sendok baking soda pada lubang closet. Diamkan selama 1 jam atau lebih. Setelah itu, siram dengan air sedikit demi sedikit hingga semua kotoran bisa masuk ke saluran pembuangan.

6.     Air Panas

Saat closet mampet, maka jangan langsung panik atau buru-buru memanggil jasa sedot WC atau tukang ledeng. Cobalah untuk memasak air panas terlebih dahulu. Air panas disini berguna untuk melunakan kotoran penyumbat pipa pembuangan. Anda bisa menyiramkan beberapa gayung air panas ke dalam closet agar masuk ke dalam saluran pembuangan. Kemudian diamkan selama 1 jam atau lebih baru setelah itu siram air agar kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

7.     Sabun Cuci Piring

Mengatasi WC/closet mampet dengan sabun pencuci piring mungkin sudah sering anda dengar. Cara ini memang biasa dilakukan untuk membuang kotoran atau benda yang tersangkut di pipa pembuangan. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring cair, sabun mandi cair, atau shampoo. Tujuannya, untuk melicinkan bagian pipa pembuangan agar kotoran atau benda penyumbat tidak menutup saluran. Caranya cukup mudah saja dengan menuangkan secangkir sabun cuci piring yang anda gunakan. Siram dengan air panas, lalu diamkan selama 30 menit.

8.     Alat Penyedot Debu

Cara mengatasi closet mampet juga bisa anda lakukan dengan alat penyedot debu. Alat penyedot debu yang bisa anda gunakan disini adalah alat penyedot debu basah yang tahan air. Anda bisa membeli atau meminjam ke saudara atau tetangga. Caranya, masukan selang sedot debu hingga beberapa cm ke dalam lubang closet. Jika sudah, nyalakan mesin sedot agar benda yang menyangkut dapat tertarik keluar.

Saat closet/WC dalam kondisi tersumbat dan membuat air sulit masuk ke dalam saluran pembuangan atau septic tank. Maka jangan buru-buru panik. Lakukan beberapa cara agar sumbatan bisa teratasi dengan baik. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi closet / WC tanpa disedot seperti yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar