Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

7 Penyebab WC Mampet dan Cara Mengatasinya

/
/
/
32 Views

Pernahkah anda mengalami WC mampet / tersumbat? Kondisi WC macet akan membuat jengkel pemiliknya. Pasalnya, jika biasanya WC dapat digunakan dengan baik. Namun karena terjadi macet atau penyumbatan. Anda tidak bisa menggunakannya sebagai tempat BAB atau BAK. Penyebab WC mampet bisa sangat beragam. Mulai dari penumpukan kotoran, adanya benda masuk ke saluran pembuangan, kebiasaan membuang sampah yang tanpa anda sadari, dan masih banyak lagi.

WC yang tersumbat biasanya ditandai dengan air yang sulit masuk ke dalam saat anda nge-flush atau menyiramnya. Biasanya anda baru menyedari setelah pemakaian untuk BAB atau hanya sekedar buang air kecil. Air yang tiba-tiba sulit turun akan menyebabkan penumpukan di bagian bak atau lubang WC. Jika anda terus menyiramkan air dengan tujuan benda penyumbat masuk ke saluran septic tank. Bisa jadi akan membuat air meluap dan kotoran fases atau urin jadi menyebar kemana-mana.

Sebelum membahas solusi tepat yang bisa anda lakukan untuk mengatasi WC mampet. Berikut adalah beberapa penyebab WC macet / mampet:

1.    Terjadi Penyumbatan di Bagian Pipa Pembuangan

Penyebab utama WC mampet terjadi karena adanya penyumbatan di bagian pipa pembuangan menuju septic tank. Penyumbatan bisa terjadi karena ada benda atau hewan yang masuk ke pipa pembuangan sehingga menyebabkan air dan fases tidak dapat masuk ke dalam. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya anda jangan buru-buru menyiram banyak air. Menyiram banyak air hanya akan membuat penumpukan sehingga air meluap keluar.

2.    Kebiasaan Membuang Sampah ke WC

Kebiasaan yang paling sering terjadi dan menyebabkan adanya penyumbatan di bagian saluran pembuangan adalah membuang sampah ke WC. Biasanya tanpa anda sadari kebiasaan ini sering terjadi. Anda membuang sampah-sampah kecil seperti bekas tissu, pembalut kecil, bungkus pembalut, shampoo, sabun, cotton-but, dan lain-lain. Jika sampah tersebut tidak langsung masuk ke septic tank. Maka akan menyebabkan penumpukan di bagian pipa pembuangan. Air jadi sulit masuk dan menyebabkan kemacetan di bagian saluran pembuangan.

3.    Mainan Anak yang Masuk WC

Sebagai orang tua, biasanya anda akan membawa mainan anak-anak ke kamar mandi agar mereka mau dimandikan. Sayangnya, hal ini bisa menyebabkan WC macet. Anak-anak yang belum mengerti akan mencoba memasukan mainan atau benda-benda di sekitarnya ke dalam lubang WC. Jika tidak langsung diambil. Kemungkinan mainan dan benda tersebut jadi masuk ke dalam dan menyumbat saluran pembuangan.

4.    Penumpukan Kotoran

Penumpukan kotoran yang ada di bagian pipa pembuangan juga bisa menyebabkan WC jadi mampet atau macet. Biasanya, penumpukan kotoran bisa terjadi akibat saluran pipa yang terlalu sempit, adanya benda penghalang, hewan, atau daun-daunan yang masuk ke saluran pembuangan. Jika WC anda berada di luar ruangan. Maka hal seperti ini bisa saja terjadi. Kadang kala tanpa anda ketahui ada hewan yang masuk ke lubang WC dan hidup di bagian pipa saluran. Atau daun dan ranting yang bisa masuk dan menyumbat pipa saluran ke septic tank.

5.    Kebiasaan Memasukan Pembalut atau Popok Bayi ke WC

Kebanyakan kaum wanita atau ibu-ibu yang memiliki anak balita suka melakukan hal ini. Dimana bekas pembalut atau popok bayi yang sudah digunakan dimasukan ke dalam WC. Alasannya mungkin karena lebih mudah dan tidak menumpuk di luar. Namun kebiasaan seperti ini cukup beresiko. Dimana bahan pembalut atau popok bayi akan cepat memuai apabila terkena air. Apabila tersangkut pada pipa pembuangan akan menyebabkan penumpukan dan penyumbatan.

6.    Septic Tank yang Sudah Penuh

Kondisi septic tank yang penuh juga bisa menjadi penyebab WC mampet atau macet. Dimana air dan fases akan kesulitan masuk ke saluran pembuangan karena septic tank yang sudah penuh dan tidak memiliki ruang kosong lagi. Jika hal tersebut terjadi, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menguras atau menyedot septic tank agar kembali kosong dan dapat digunakan kembali.

7.    Septic Tank yang Tidak Mendapat Ventilasi

Ventilasi di ruang septic tank memang penting dibuat. Jika anda pernah mengamati pipa kecil yang diletakan di luar septic tank. Pipa inilah yang digunakan sebagai ventilasi udara agar septic tank tetap lancar digunakan. Apalagi udara terjebak di dalam septic tank. Kemungkinan air atau kotoran akan sulit masuk ke saluran pembuangan.

Dari beberapa penyebab di atas, mungkin salah satunya pernah anda lakukan sehingga membuat WC jadi tersumbat dan tidak bisa digunakan. Jika sudah terjadi penyumbatan, maka jangan langsung panik. Untuk mengatasi agar air dan kotoran tetap bisa masuk ke dalam. Anda bisa melakukan beberapa cara simple di bawah ini. Cara mengatasi WC mampet ini tidak perlu anda lakukan dengan memanggil tukang atau jasa sedot WC. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah.

Solusi Mengatasi WC Mampet dan Tersumbat

Saat WC anda mampet sehingga fases jadi sulit masuk ke saluran pembuangan. Maka jangan buru-buru panik. Biasanya yang banyak terjadi mereka malah menyiram banyak air agar fases bisa masuk ke saluran pembuangan. Namun justru sebaliknya, cara seperti ini hanya akan membuat air yang sudah tercampur fases meluap dan menyebabkan aroma tidak sedap.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi WC mampet yang bisa anda lakukan sendiri tanpa memanggil tukang atau jasa sedot WC. Anda bisa mengikti beberapa trik dan solusi mengatasi WC macet di bawah ini :

  • Saat WC mampet atau terjadi penyumbatan, maka jangan menyiram air secara berulang-ulang. Coba untuk mengambil benda sumbatan apabila masih berada di bawah lubang WC atau kloset.
  • Jika benda sudah masuk terlalu dalam dan sulit di ambil dengan tangan atau benda lainnya. Anda bisa menggunakan air panas yang telah direbus sebelumnya. Air panas disini berguna untuk melunakan kotoran penyumbat di bagian pipa pembuangan. Jika kotoran berupa arganik. Maka sangat mudah melunak dengan bantuan air panas seperti ini.
  • Selain air panas, anda bisa menggunakan benda-benda lain seperti sabun cuci piring, shampoo, atau sabun cair. Tujuannya untuk melicinkan bagian pipa pembuangan agar benda yang tersangkut bisa masuk ke dalam septic tank.
  • Anda juga bisa menggunakan bahan dapur seperti garam, baking soda atau kue soda, dan cuka. Bahan-bahan ini fungsinya hampir sama yaitu untuk membuang kotoran atau benda penyumbat di pipa pembuangan.
  • Gunakan gantungan baju atau hanger untuk menarik benda yang menyumbat di saluran pembuangan. Anda bisa menggunakan gantungan baju berbahan kawat yang telah dilengkungkan.

Itulah beberapa penyebab WC mampet dan cara mengatasinya. Apabila WC di rumah anda mampet atau air sulit masuk ke dalam. Maka anda bisa melakukan cara di atas untuk mengatasi WC macet dengan cepat dan mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar