Info Sedot WC

Referensi Sedot WC Murah dan Kebersihan Jamban

10 Tips Agar Septic Tank WC Tidak Cepat Penuh

/
/
/
36 Views

Tips Agar Septic Tank WC Tidak Mudah Penuh – Septic tank menjadi tempat yang harus dimiliki ketika Anda membuat WC atau toilet. Tempat penampungan limbah atau kotoran manusia ini meskipun kurang diperhatikan. Namun fungsinya sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Digunakan sebagai tempat pembuangan terakhir, bukan tidak mungkin jika septic tank yang Anda gunakan akan penuh sewaktu-waktu.

Biasanya, septic tank akan penuh setelah 5 tahun pemakaian atau bahkan lebih. Tergantung dari jumlah pengguna dan kapasitas septic tank yang Anda buat. Jika septic tank dibuat dengan ukuran yang besar dengan tujuan agar dapat menampung kotoran dalam jumlah banyak. Mungkin Anda bisa menggunakannya dalam waktu 5 – 10 tahun. Namun biasanya hal tersebut terbatas oleh lahan yang dimiliki. Lahan yang sempit tidak memungkinkan untuk membuat septic tank dengan ukuran yang besar.

Dalam proses pembuatan septic tank, ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan. Dimana prosedur harus sesuai dengan ketentuan agar septic tank tidak mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, agar septic tank yang Anda miliki tidak cepat penuh dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat pembuatan septic tank WC/kloset:

1.    Pemilihan Posisi Septic Tank yang Tepat

Pemilihan posisi septic tank sangat menentukan kualitas dari lubang penampung kotoran manusia ini. Baiknya septic tank dibuat di atas tanah dengan sumber mata air yang lebih dalam. Hal ini akan lebih baik karena tanah memiliki daya serap yang lebih tinggi. Sehingga saat musim hujan pun, air tetap terserap sempurna meskipun permukaan air mengalami peningkatan. Dengan daya serap tanah yang lebih tinggi, maka kondisi di dalam septic tank pun akan terus berkurang meskipun menampung kotoran setiap hari.

2.    Buat Kapasitas Septic Tank yang Sesuai dengan Jumlah Pemakai

Sebelum septic tank dibuat, ada baiknya Anda memperkirakan berapa ukuran septic tank yang akan digunakan. Jika dalam satu rumah jumlah pemakainya banyak, maka ukuran septic tank pun bisa diperbesar. Namun, jika hanya digunakan 1 atau 2 orang saja. Maka tidak masalah jika Anda membuat septic tank dengan ukuran sedang.

Jika dalam satu rumah berisi 4 – 5 orang, Anda bisa membuat septic tank dengan ukuran sekitar 1.5 x 1.5 x 2 meter. Sedangkan untuk lubang atau bak resapan bisa dibuat dengan ukuran 1 x 1 x 2 meter. Jadi, semakin banyak jumlah pemakai WC dalam satu rumah. Maka ukuran septic tank pun bisa dibuat lebih besar agar mampu menampung kotoran lebih banyak.

3.    Kemiringan Pipa

Ternyata posisi kemiringan pipa juga mempengaruhi cepat tidaknya isi septic tank penuh. Jika posisi pipa lebih miring, maka akan mempermudah air masuk ke lubang pembuangan. Hal ini juga memperkecil kemungkinan WC mampet akibat kemiringan pipa yang terlalu datar. Selain itu, jika Anda memiliki kebiasaan membuang bekas sampah ke dalam WC. Hal ini juga memperkecil adanya sumbatan di bagian pipa pembuangan. Apalagi jika pipa yang digunakan memiliki ukuran lebih besar dengan posisi kemiringan yang ideal.

kemiringan pipa sangat berpengaruh pada proses pembuangan tinja. Selisih ketinggian WC/kloset minimal harus 2 persen dari permukaan air pada lubang pembuangan kotoran. Artinya, setiap 1 meter harus ada perbedaan ketinggian minimal 2 cm. Dengan begitu, proses pembuangan akan berjalan lancar dan air bisa dengan muda turun ke bawah septic tank.

4.    Pemilihan Pipa yang Tepat

Agar septic tank tidak cepat penuh dan bertahan lama, Anda harus memperhatikan jenis pipa yang akan digunakan untuk saluran pembuangan. Jenis pipa terbaik yang biasa digunakan untuk saluran pembuangan adalah PVC. Dimana pipa ini memiliki kualitas dan ketahanan yang lebih tinggi sehingga keawetannya pun sangat terjaga. Sedangkan, untuk ukuran pipa minimal adalah 4 inch. Namun jika ingin menggunakan ukuran yang lebih besar maka hal itu akan lebih baik karena air bisa dengan mudah turun ke bawah.

Untuk peletakan pipa pun sebaiknya dibuat lurus. Karena belokan atau sudut pipa bisa menyebabkan WC tersumbat akibat kotoran yang tidak langsung masuk ke septic tank . Buat pipa dalam posisi lurus agar air bisa turun ke bawah dengan sempurna.

5.    Pemilihan Bak yang Kuat dan Kedap Air

Agar septic tank tidak cepat penuh, tahan lama dan jauh dari masalah. Maka pemilihan bak tempat pembuangan kotoran pun juga harus diperhatikan. Bak tempat pembuangan yang kuat dan kedap air akan mampu menahan tekanan dari dalam. Sebaliknya, jika bak hanya terbuat dari bahan dengan kualitas biasa. Maka kemungkinan septic tank bisa bocor dan dapat mencemari lingkungan di sekitarnya. Agar tidak merobak septic tank lagi, maka sebaiknya pilih bak yang kuat dan mampu menahan tekanan air dari dalam.

6.    Tambah Lubang Septic Tank Lain

Jika septic tank yang Anda gunakan sebelumnya memiliki ukuran kecil dengan jumlah pemakain yang terus bertambah. Maka solusinya Anda bisa membuat lubang septic tank tambahan lagi. Anda bisa membuat 2 jalur pembuangan agar septic tank tidak cepat penuh. Hal ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki lahan kosong dan belum digunakan. Dibanding harus membuat septic tank baru, cara ini lebih solusif dan hemat biaya.

7.    Masukkan Ikan Lele Di dalam Septic Tank

Tips agar septic tank WC tidak cepat penuh juga bisa Anda lakukan dengan memasukkan ikan lele di dalamnya. Lele adalah salah satu jenis ikan yang biasa memakan kotoran manusia. Meskipun tidak berpengaruh banyak. Namun cara ini bisa Anda coba untuk mengurangi tumpukan kotoran di dalam septic tank. Selain itu, pertumbuhan ikan lele yang sangat cepat bisa menjadi solusi untuk mengurangi kotoran di dalam septic tank. Anda bisa terus menambahkan ikan lele agar kotoran yang ada di dalam septic tank  bisa terus berkurang meskipun jumlahnya tidak banyak.

8.    Lakukan Pengurasan Secara Berkala

Saat septic tank Anda sudah lama digunakan dan isinya mulai penuh. Maka penyedotan atau pengurasan WC adalah solusi yang paling tepat. Biasanya, pengurasan WC dilakukan saat septic tank mulai penuh dan air mulai sulit turun ke bawah. Saat ini pun jasa sedot WC sudah bisa dijumpai dengan mudah. Anda bisa melakukan pengurasan secara berkala agar septic tank tidak sampai penuh.

9.    Jangan Terbiasa Membuang Apapun Ke dalam Septic Tank

kebiasaan membuang sampah atau bungkus bekas ke dalam WC/kloset juga bisa menyebabkan isi septic tank cepat penuh. Dimana sampah yang bersifat organik seperti plastik, pembalut, tisu, dan lainnya tidak dapat terurai sehingga hanya akan memenuhi septic tank Anda. Jangan membiasakan membuang sampah apapun ke dalam WC karena hal itu bisa menyebabkan septic tank jadi cepat penuh.

10.    Gunakan Obat Penumbuh Bakteri

Bakteri menjadi unsur penting di dalam septic tank. Dimana kotoran akan diurai oleh bakteri sehingga membentuk bagian yang lebih kecil. Semakin banyak bakteri yang hidup, maka proses penguraian pun akan semakin cepat. Anda bisa menggunakan obat penumbuh bakteri agar bakteri yang ada di septic tank terus bertambah.

Itulah 10 tips agar septic tank WC tidak cepat penuh yang bisa Anda lakukan. Perhatikan proses pembuatan septic tank dan lakukan beberapa tindakan agar septic tank tidak cepat penuh terisi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar